Tiru Android, Unlock iPhone dengan Metode Selfie?

Apple paten metode selfie untuk unlock iPhone
Paten metode selfie untuk unlock iPhone (recode)

JAKARTA – Bagi pengguna Android, teknolog facial recognition bukanlah barang baru. Namun dalam paten terbaru Apple terungkap bahwa teknologi ini baru akan diadopsi untuk iPhone dan iPad di masa depan. Lantas, apa yang istimewanya teknologi facial recognition yang telah dipatenkan Apple?

Saat ini Apple menggunakan passcode ataupun fingerprint scanner untuk unlock iDevices. Namun ke depan, kemungkinan Apple akan mengganti metode unlock tersebut dengan foto selfie dari wajah Anda.

Setidaknya itulah yang terlihat dalam paten terbaru milik Apple. Seperti dilansir telsetNews dari Re/code, Jumat (3/4/2015), paten teknologi Apple dengan nomor Patent 8.994.499 itu mengungkap bahwa mengunci dan unlock sebuah perangkat mobile menggunakan pengenalan wajah.

Metode ini memungkinkan pengguna bisa unlock iPhone dengan cara mengambil foto wajah untuk membuktikan siapa yang tengah berusaha unlock iPhone. Metode ini juga menggunakan teknologi biometrik seperti yang telah dipakai Apple dalam TouchID fingerprint scanner.

Menariknya, teknologi facial recognition sebenarnya bukan inovasi baru. Para pengguna Android sudah lama menikmati metode tersebut. Begitupun raksasa e-commerce Tiongkok, Alibaba juga telah menyiapkan metode serupa untuk pembayaran via ponsel sehingga memudahkan konsumen dalam berbelanja di Alibaba.

Lantas, apa yang keistimewaan dari teknologi facial recognition yang telah dipatenkan Apple? Berdasarkan dokumen paten yang dipublikasikan terungkap bahwa iOS akan menjaga keamanan iPhone meski iPhone telah di-unlock.

Dengan teknologi tersebut, secara berkala iPhone akan menangkap wajah pengguna. Jika wajah pengguna tidak tertangkap oleh sistem iOS, iPhone akan secara otomatis terkunci dan memblokir pihak lain yang berusaha mengakses konten-konten di dalamnya.

Namun meski telah dipatenkan, tetapi teknologi ini belum tentu akan digunakan pada iPhone dan iPad terbaru. Pasalnya, sebuah paten biasanya juga sengaja dibuat untuk mencegah pihak pesaing menggunakan teknologi yang sama.

Sebaiknya kita tunggu saja apa langkah Apple selanjutnya dengan paten teknologi barunya. Apakah ke depan iPhone dan iPad akan menggunakan teknologi facial recognition untuk metode keamanannya? Meski sebenarnya sang pesaing, Android sudah lama menerapkan teknologi tersebut. Mengekor lagi Apple? [HBS]

 

 

SourceRecode

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0