Tinggalkan Ponsel, Laba Nokia Membaik

Nokia Here maps lumiaJAKARTA – Nokia mencatatkan laba yang lebih baik di 2014 setelah perusahaan menjual unit bisnis ponsel ke Microsoft. Laba bersih perusahaan asal Finlandia ini mencapai sekitar USD 505 juta di 2014.

Meski mengalami peningkatan pendapatan, namun masih terlalu dini bagi Nokia untuk mencatatkan pendapatan dari tablet barunya, N1. Sebab tablet ini hanya satu bagian dari transformasi bisnis Nokia.

Nokia sudah lama terkenal akan bisnis ponselnya, selain itu perusahaan ini juga menjual peralatan jaringan telekomunikasi dan pemetaan data, yang dilisensi ke perusahaan lain dengan merek Here. Nokia menjual unit bisnis ponsel di April 2014.

Dikutip telsetNews dari Cnet, Jumat (30/1/2015), Nokia Networks berkontribusi lumayan di Amerika Utara, terutama peningkatan margin perusahaan yang didapat dari penjualan peralatan 4G.

Selain itu di 2014 juga menjadi tahun pertumbuhan bagi aplikasi pemetaan, Nokia Here. Divisi ini mencatatkan pertumbuhan 15% di penjualan bersih dibanding tahun sebelumnya. Kenaikan bisnis Nokia Here didorong oleh penjualan aplikasi ini ke pabrikan mobil dan perjanjian kerja sama dengan Microsoft. [AI/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here