Timeline Instagram Berubah Jadi Mirip Facebook

Telset.id, Jakarta – Pada bulan Maret lalu Instagram telah mengumumkan akan mengubah timeline berbasis algoritma. Meski sempat batal karena mendapat penolakan dari penggunanya, namun Instagram kali ini benar-benar mengubah tampilan postingan di feed user.

Meski sempat diprotes oleh penggunanya, namun Instagram akhirnya tetap keukeh untuk mengubah timeline berbasis algoritma. Instagram mengatakan bahwa perubahan ini untuk membantu pengguna menemukan konten yang paling relevan bagi mereka.

Dengan perubahan ini, timeline yang biasanya menampilkan postingan terbaru akan diubah menjadi postingan yang paling penting atau relevan dilihat pengguna. Untuk melakukannya, Instagram menggunakan algoritma yang dapat membaca kebiasaan seorang pengguna, sehingga bisa mengurutkan postingan-postingan foto.

Instagram menyebutkan perubahan ini dilakukan setelah melihat kebanyakan pengguna melewatkan 70% dari feed yang muncul di timeline Instagram. Pengguna kini tak lagi harus membuang-buang waktu untuk dapat menemukan postingan-postingan yang dianggap penting dengan lebih mudah. Timeline seperti ini mirip seperti yang sudah diterapkan Facebook.

Berbeda dengan Twitter yang memungkinkan pengguna untuk mematikan fitur ini, Instagram tidak mengijinkan pengguna untuk mematikan fitur barunya ini. Hal yang sama dilakukan Facebook.

Perubahan ini tentu saja tidak membuat pengguna bahagia, terutama yang sudah terbiasa dengan tampilan sebelumnya. Pengguna selama ini merasa memiliki hak untuk melakukan apapun pada postingan yang menjadi milik mereka.

Meski begitu, Instagram yang kini memiliki lebih dari 400 juta pengguna bulanan dengan jutaan foto dan video yang diposting setiap harinya, ingin membantu pengguna menemukan postingan yang paling menarik dengan lebih mudah. Alasan ini cukup masuk akal.

Selain itu, saat ini semua jejaring sosial dengan jumlah pengguna banyak, telah mengubah timeline berbasis algoritma. Well, tentunya semua orang mempunyai alasan untuk menerima atau menolak perubahan yang dilakukan Instagram. Bagaimana menurut Anda? [HBS]

SourceTechradar

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -