Tiga Bulan Bersih-bersih, YouTube Hapus 8 Juta Video

Youtube

Telset.id, Jakarta – Youtube kembali melakukan bersih-bersih konten negatif yang bermuatan pornografi dan kekerasan yang ekstrim. Hanya dalam waktu tiga bulan, sebanyak 8 juta video ofensif telah dihapus.

Dilansir dari Mirror.co.uk, mayoritas dari delapan juta video ini sebagian besar adalah spam atau video bermuatan konten dewasa. Untuk diketahi, dalam semenit ada sekitar 300 jam video yang diunggah ke YouTube.

Baru-baru ini, Youtube telah merilis laporan berjudul YouTube Community Guidelines Enforcement Report yang merinci bagimana mereka menangani konten yang melanggar. Dalam laporan itu disebutkan, sejak Oktober hingga Desember 2017, Youtube telah menghapus lebih dari 8 juta video.

Menariknya, dari 8 juta video yang dihapus, 6,7 juta video telah ditandai oleh mesin dan 76 persen di antaranya telah dihapus sebelum ditonton pengguna Youtube.

“Misalnya, pada awal tahun 2017, 8 persen video ditandai dan dihapus sebelum dilihat kurang dari 10 orang karena berisi kekerasan yang sangat brutal,” katanya.

Baca juga: Video YouTube Offline Kini Ada di 125 Negara

Pada tahun 2017, Google selaku pemilik YouTube berkomitmen merekrut 10.000 orang untuk menangani konten negatif. Youtube mengaku saat ini sedang dalam proses untuk mewujudkannya.

“Sistem kami mengandalkan ulasan dari manusia untuk menilai apakah konten melanggar kebijakan kami,” katanya.

Sumber :

mirror.co.uk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here