Thunderstrike, Ancaman Malware untuk MacBook

MacBook Air ilustrasiJAKARTA – Pengguna MacBook tidak aman dari serangan malware. Ada malware Thunderstrike, malware baru yang sangat susah dihilangkan. Adanya cacat di port Thunderbolt membuat malware ini melakukan re-write custom code di ROM boot MacBook.

Menurut ahli keamanan Tramell Hudson, terdapat metode untuk menginstall malicious code di MacBook. Menurut Hudson, malware ini jadi mimpi buruk bagi pengguna laptop keluaran Apple tersebut.

Thunderstrike tidak bisa dideteksi, dan tidak ada metode tertentu yang tersedia untuk menganalisanya. Dengan demikian, menghapuskannya juga bukan pekerjaan mudah.

Thunderstrike bekerja dengan menginfeksi host melalui celah di Thunderbolt. BIOS atau firmware merupakan objek yang ditarget. Sekali rootkit terinstall, akan menginfeksi device lain menggunakan Thunderbolt interface di Mac.

Dengan cara ini, infeksi malware tersebar antar device. Malware ini akan mengontrol device dari instruksi inisial tetap tak terdeteksi. Demikian seperti dilansir Tech Times, Minggu (11/1/2015).

[AI/HBS]

SourceTechtimes

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI