telset

Tesla Sudah Bangun 10 Ribu Stasiun Charger Mobil Listrik

Telset.id, Jakarta – Guna memfasilitasi mobil listrik buatannya, Tesla membangun stasiun charger sejak akhir 2012. Stasiun charger pertama yang dibangun oleh Tesla terletak di California, Amerika Serikat (AS). Sekarang, Tesla membangun stasiun charger ke-10.000.

Menurut Engadget, stasiun charger ke 10.000 Tesla terletak di Belleville, Ontario, Kanada. Tesla menghadirkannya sebagai bagian dari upaya percepatan ekspansi perusahaan. Butuh waktu dan banyak biaya bagi Tesla untuk membangun sarana pengisi daya tersebut.

“Butuh kira-kira 1,5 tahun bagi Tesla untuk memiliki cukup stasiun pengisian kendaraan listrik dalam satu rute di AS. Saat ini, stasiun charger telah tersedia di Amerika Utara serta kawasan signifikan Asia, Australia, Eropa, dan Timur Tengah,” ujar pihak Tesla, Senin (11/6).

Stasiun charger Tesla di berbagai kota di beberapa negara bisa diakses secara gratis. Tentu saja, dalam penyediaannya, Tesla berani mengambil risiko finansial untuk menciptakan infrastruktur yang dibutuhkan dalam perjalanan jarak jauh oleh mobil-mobil listrik buatannya.

Selain model sedan sport, kendaraan listrik bikinan Tesla juga hadir dalam bentuk truk. Pelanggan telah mengantre untuk memesan truk listrik Tesla Semi. Kendaraan raksasa tersebut mulai diluncurkan ke publik pada November 2017 lalu pada sebuah acara di Hawthorne, California.

Baca juga: Tesla Bangun “Stasiun Charger” untuk Truk Listrik

“Pepsi dan UPS memesan ratusan unit. Untuk menindaklanjutinya, kami segera mendirikan pusat pengisian daya sehingga pembeli tak lagi khawatir truk akan mangkrak karena kehabisan listrik,” demikian bunyi pernyataan Tesla seperti dilansir dari Engadget, Februari 2018 lalu.

Truk listrik Tesla Semi bisa memuat 36,287 kilogram barang. Truk tersebut juga sanggup melaju dari nol sampai 60mbph dalam waktu 20 detik dengan beban maksimum. Tesla Semi bisa pula menempuh jarak 800 kilometer dengan sekali pengisian daya serta didukung oleh energi matahari.

Baca juga: Gokil! Mobil Tesla Roadster akan Dilengkapi Roket

Setiap unit Tesla Semi dibanderol sekitar Rp 2,03 miliar hingga Rp 2,7 miliar dan mulai tersedia secara massal pada 2020 mendatang. Sebelum truk itu resmi beredar di pasaran, Tesla sudah menyicil pembangunan stasiun charger yang kini sudah mencapai 10.000 unit di berbagai negara. [SN/HBS]

Sumber: Engadget

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0