Terungkap Pengisi Suara Siri yang Asli

Susan Bennett pengisi suara Siri versi original
Susan Bennett pengisi suara Siri versi original

Jakarta – Bagi Anda pengguna iPhone tentulah sudah cukup familiar dengan suara virtual personal assistant bernama Siri. Ya, sejak pertama kali diperkenalkan Apple di perangkat iPhone 4S tahun 2011 lalu, nama Siri langsung menjadi buah bibir di seluruh dunia.

Selain inovasi teknologi yang dibawanya, tak sedikit juga orang yang penasaran siapakah orang yang mengisi suara virtual Siri tersebut. Apple sendiri sejauh ini tak ingin mengungkap identitas pemilik suara asli Siri.

Namun CNN belum lama ini mengungkap siapa sebenarnya pemilik suara tersebut. Dia adalah aktor sulih suara bernama Susan Bennett. Wanita yang tinggal di pinggiran kota Atlanta ini mengaku  delapan tahun lalu mengisi suara untuk suatu proyek yang tidak dia ketahui.

Kisah tentang bagaimana Bennett menjadi suara ikonik ini dimulai pada tahun 2005. Saat itu ScanSoft , sebuah perusahaan perangkat lunak, sedang mencari pengisi suara untuk sebuah proyek baru.

GM Voices , sebuah perusahaan rekaman pengisi suara di pinggiran kota Atlanta menawarkan Bennett, karena dia merupakan salah satu pengisi suara berpengalaman. Dan setelah mendengar contoh suara Bennett, pihak ScanSoft tertarik menggunakan jasanya.

Selanjutnya pada bulan Juni 2005 Bennett menandatangani kontrak dengan ScanSoft sebagai pengisi suara. Bennett mengisahkan, ia harus mengulang kata-kata yang tidak masuk akal dan frasa-frasa lainnya dengan mengubah-ubah nada dan kecepatan suaranya, kemudian merekam suaranya empat jam dalam sehari selama satu bulan penuh.

Wanita yang telah banyak mengisi suara untuk berbagai iklan, sistem GPS dan terminal maskapai penerbangan Delta di seluruh Amerika Serikat ini mengaku tidak pernah tahu persis suaranya akan digunakan untuk apa.

Hingga akhirnya kejutan datang pada bulan Oktober 2011 setelah Apple merilis iPhone 4S dan memperkenalkan Siri untuk pertama kalinya. Dan orang-orang yang mengenal Bennett langsung sadar bahwa suara virtual Siri adalah Bennett.

“Seorang rekan saya mengirimkan email memberitahu tentang Siri dan berkata, ‘Hei, kami sudah mencoba menggunakan ponsel baru Apple. Bukankah ini suara Anda ?’ ” kata Bennett.

Karena Bennett tidak memiliki iPhone 4S, maka ia kemudian ke komputernya dan membuka situs Apple dan mendengarkan klip video yang menjelaskan tentang Siri. Dari situ Bannett baru benar-benar menyadari suara di Siri adalah suaranya. “Oh, aku tahu ini jelas suara saya,” ujarnya.

Lantas bagaimana hingga suaranya bisa digunakan untuk Siri? Ternyata pada bulan Oktober 2005, beberapa bulan setelah Bennett merekam suaranya, ScanSoft membeli dan mengambil nama Nuance Communications. Nuance adalah perusahaan yang mengembangkan teknologi untuk Siri yang akhirnya diakuisisi Apple.

Ketika CNN mencoba mengkonfirmasi identitas Bennett sebagai suara Siri, pihak Nuance maupun Apple menolak berkomentar. CNN kemudian meminta seorang ahli forensik suara Ed Primeau, anggota American Board of Recorded Evidence, untuk membandingkan suara Bennett dengan Siri.

Primeau kemudian mempelajari suara Bennett terlebih dulu, ia langsung yakin 70 persen bahwa Bennett adalah Siri. Ketika Bennett berbicara dengan gaya Siri, Primeau langsung yakin 100 persen bahwa Bennett adalah Siri.

“Setelah saya menyelesaikan analisis tentang suara Siri dan Bennett, saya percaya mereka (Bannett dan Siri) adalah identik 100%,” kata Primeau

Sebelumnya Jon Briggs juga pernah mengaku sebagai pengisi suara Siri di Inggris untuk versi baru di iOS 7. Dan karena pengakuan Briggs inilah yang membuat Bennett berani mengungkap identitas dirinya sebagai pengisi suara Siri. [HBS]

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI