Home NEWS INTERNET Ternyata, Penyebab Facebook Down Gara-gara “Konfigurasi Server”

Ternyata, Penyebab Facebook Down Gara-gara “Konfigurasi Server”

Telset.id, Jakarta – Kemarin (20/11/2018), warganet dunia sempat tidak dapat akses Facebook dan Instagram. Ternyata, penyebab Facebook down karena raksasa media sosial ini sedang melakukan konfigurasi server, yang membuat layanan Facebook dan Instagram tidak dapat diakses di banyak negara.

Dilansir Telset.id dari CNET, Rabu (21/11/2018), meski mengakui adanya gangguan akibat konfigurasi server, Facebook tidak menjelaskan secara rinci, apa maksud dari konfigurasi tersebut.

“Kami kembali ke 100% untuk semua orang dan kami mohon maaf atas ketidaknyaman,” ucap juru bicara Facebook.

Gangguan ini telah terdeteksi melalui situs Downdetector, yang sering melacak gangguan di banyak situs dan aplikasi.

Situs itu mengabarkan, bahwa pada pukul 04.41 PT (Pacific Time) atau 19.41 WIB telah terjadi gangguan pada Facebook, terutama di wilayah Pantai Timur Amerika Serikat, Amerika Selatan, Eropa, dan Asia.

Di Indonesia sendiri, warganet mulai memperbincangkan soal gangguan di Facebook sekitar pukul 22.00 WIB. Mereka membicarakan gangguan tersebut di Twitter, dengan tagar #FacebookDown.

Berdasarkan pantauan dari situs Trends24, tagar itu menempati urutan pertama sejak pukul 23.00 WIB hingga 08.00 WIB. Ketika itu, Facebook melalui laman Twitter resmi mereka langsung merespon bahwa pihaknya sedang menyelidiki kasus tersebut.

Tepat pukul 08.00 WIB, Facebook mengumumkan bahwa mereka telah memperbaiki gangguan di layanannya. Pengguna pun akhirnya dapat mengakses Facebook maupun Instagram kembali.

Kasus server down juga sempat dialami raksasa media sosial lainnya, yakni YouTube. Platform video streaming Google itu pernah mengalami gangguan serius, yang menyebabkan YouTube tidak dapat diakses di berbagai wilayah di dunia.

Berdasarkan pantauan Telset.id, saat pengguna mengakses YouTube versi desktop maupun aplikasi di smartphone, mereka hanya akan mendapatkan pesan error [503] atau adanya kesalahan pada jaringan internet.

Situs pendeteksi layanan internet yang tumbang, Downdetector juga memberikan informasi bahwa YouTube mengalami masalah pada sistemnya sejak pagi tadi. Dalam situs tersebut, disebutkan juga bahwa pengguna YouTube mengeluhkan tidak bisa menonton video, kesulitan masuk ke halaman utama, sampai sulit login. (NM/FHP)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Exit mobile version