Ternyata Begini Cara Virus Corona Infeksi Sel Pernapasan Manusia

Infeksi virus Corona

Telset.id, Jakarta – Para ilmuwan berhasil ungkap cara bagaimana virus Corona infeksi sel pernapasan manusia. Penemuan itu dilakukan oleh para peneliti di Westlake University di Hangzhou dan University of Texas di Austin.

Penemuan tersebut berguna untuk memahami bagaimana virus Corona bisa infeksi sel pernapasan manusia.

Dengan demikian, tenaga medis bisa mempercepat upaya untuk mengembangkan perawatan, bahkan menciptakan vaksin untuk membendung pandemi virus Corona di seluruh dunia.

{Baca juga: AI dari Alibaba Mampu Deteksi Virus Corona dalam Sekejap}

Untuk menginfeksi inang manusia, virus Corona harus dapat masuk ke sel manusia secara individu. Mereka menggunakan mesin-mesin sel untuk menghasilkan salinan virus. Menurut laporan New York Post, virus kemudian tumpah dan menyebar ke sel-sel baru.

Pada 19 Februari 2020, dalam jurnal Science, para ilmuwan Texas mengidentifikasi kunci molekuler kecil yang memberi peluang untuk virus masuk ke dalam sel. Seperti dikutip Telset.id, Selasa (17/03/2020), kunci seperti itu disebut sebagai spike protein atau protein lonjakan.

Infeksi virus Corona

Rekan peneliti Qiang Zhou dan tim di Hangzhou kemudian memecahkan sisa teka-teki dengan menemukan cara kerja protein lonjakan. Tim menerbitkan temuannya di jurnal Science pada 4 Maret 2020. Mereka menggunakan alat yang disebut cryo-electron microscopy.

{Baca juga: Warganet Populerkan #Dirumahaja, Ada yang Ditemani Tisu dan Koin}

Rekan peneliti menggunakan sampel yang sangat beku dan berkas elektron untuk menangkap gambar dari struktur terkecil dari molekul biologis. Mereka menemukan bahwa Corona atau Covid-19 memiliki pola pengikatan yang cukup mirip dengan SARS pada 2003.

Namun, perbedaan asam amino yang mengikat virus ke sel reseptor telah terdeteksi dapat mengarah kepada pengembangan obat antivirus yang berpotensi menghentikan Corona. Penemuan ini muncul ketika ilmuwan Kanada berhasil mengisolasi dan mereplikasi Covid-19. (SN/MF)

SOURCENew York Post
Previous articleWew! Usai 108MP, Samsung Garap Sensor Kamera 150MP
Next articleCuma Lima Menit, Tutorial Install GMS di Huawei Mate 30 Pro

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here