Wew! Usai 108MP, Samsung Garap Sensor Kamera 150MP

Telset.id, Jakarta – Usai sensor kamera 64MP dan 108MP, Samsung terus mengembangkan sensor kamera yang jauh lebih besar. Terbaru, Samsung tengah menggarap sensor kamera 150MP.

Dilaporkan SamMobile, sensor kamera 150MP bautan Samsung menggunakan teknologi nonacell. Teknologi ini digunakan juga pada sensor kamera 108MP ISOCELL Bright HM1 yang digunakan pada Samsung Galaxy S20 Ultra.

Teknologi nonacell sendiri merupakan teknik pixel binning 9-in-1 untuk menghasilkan gambar 12MP dari sensor 108MP.

{Baca Juga: Kamera 108MP, 48MP dan 40MP di Galaxy S20 Ultra, Bisa Apa?}

Jadi, apabila menggunakan sensor kamera 150MP dengan teknologi yang sama, gambar yang dihasilkan bisa berukuran lebih besar yaitu 16MP.

Dilansir Telset.id pada Selasa (17/03/2020), sensor super besar ini juga akan memiliki ukuran sekitar 1 inci. Sayang, belum ada informasi apa nama sensor kamera 150MP yang tengah digarap Samsung ini.

Kemungkinan, sensor ini akan dirilis Samsung di akhir tahun 2020 mendatang. Diperkirakan, Xiaomi akan menjadi yang pertama menggunakan sensor besutan Samsung ini.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Samsung Terbaru}

Sensor kamera 150MP Samsung

Lalu, nantinya sensor tersebut akan digunakan oleh Oppo dan Vivo di awal tahun depan. Satu yang pasti, smartphone yang menggunakan sensor ini pasti masuk ke kelas smartphone high-end atau flagship.

Mengapa? Sebab, hanya SoC kelas atas saja yang mendukung sensor kamera besar. Seperti Snapdragon 865, sudah mendukung sensor kamera hingga 200MP. Itupun, prosesor hanya mendukung konfigurasi single camera saja.

Alhasil, jika vendor smartphone ingin menggunakan sensor besar dengan konfigurasi multiple camera, perlu menunggu prosesor flagship terbaru hadir.

{Baca Juga: Hands-on Samsung Galaxy S20 Ultra: Canggih Berkat Spek Superior}

Jadi, bukan tidak mungkin juga kalau sensor kamera 150MP dari Samsung bakal diluncurkan di tahun depan, ketika Qualcomm maupun vendor SoC lain merilis chipset terbaru yang diharapkan memiliki ISP baru yang mendukung. (IR/MF)

{Baca Juga : Spesifikasi Samsung Galaxy S20 Ultra}

{Baca Juga : Spesifikasi Samsung Galaxy S20+}

{Baca Juga : Spesifikasi Samsung Galaxy S20}

SourceSamMobile

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0