Tembak Jatuh Satelit, India Jadi Kekuatan Luar Angkasa Baru

Telset.id, Jakarta – India tembak satelit di orbit rendah Bumi menggunakan misil anti-satelit pada Rabu (28/03) waktu setempat. Perdana Menteri India, Narenda Modi, pun mengklaim bahwa negaranya menjadi kekuatan luar angkasa baru di dunia.

Narenda Modi menyatakan bahwa India menjadi kekuatan luar angkasa keempat dunia setelah Amerika Serikat, Rusia, dan China.

“India telah mencetak rekor baru di bidang satelit luar angkasa,” tegasnya, seperti dikutip Telset.id dari Reuters, Kamis (28/03/2019).

{Baca juga: Gara-gara Pakaian, Astronot Perempuan Batal ke Luar Angkasa}

Sekadar informasi, para peneliti India berhasil menembak jatuh satelit milik sendiri yang sudah tidak berfungsi. Senjata anti-satelit itu melakukan tembakan sejauh 300 kilometer ke langit yang terletak di orbit rendah Bumi, Rabu lalu pada pukul 11.00 waktu setempat.

Demonstrasi penembakan satelit yang dilakukan oleh India menggunakan misil adalah sebuah pencapaian. Narenda Modi juga menekankan bahwa demonstrasi itu tidak diarahkan untuk melawan negara manapun. Ia menyebut, India dalam posisi netral.

“Saya meyakinkan kepada komunitas internasional bahwa kapabilitas kami menembak satelit tidak akan digunakan untuk melawan siapapun atau negara mana pun. Kami murni melakukannya hanya untuk upaya pertahanan diri dari segala ancaman,” paparnya.

{Baca juga: Negara-negara Arab Bikin Satelit 813, untuk Apa?}

Ajay Lele, seorang anggota senior institusi pemerintahan yang mempelajari dan menganalisa sistem pertahanan, mengatakan bahwa India sangat terpacu melakukan program anti-satelit melalui tes misil. Menurutnya, hal serupa pernah dilakukan oleh China.

Sebelum disetujui, proyek itu sempat menghadapi berbagi larangan karena risiko kecaman internasional. Pengumuman tersebut dilakukan Narenda Modi memasuki masa aktif kampanye pemilu India yang akan dilaksanakan 11 April hingga 19 Mei 2019. (SN/FHP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI