Gara-gara Pakaian, Astronot Perempuan Batal ke Luar Angkasa

Telset.id, Jakarta – Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) membatalkan jadwal penerbangan khusus perempuan ke luar angkasa. Alasannya sepele, yakni ukuran pakaian antariksa tidak sesuai dengan tubuh astronot perempuan.

Satu dari dua perempuan yang akan menjalankan misi ke luar angkasa, Anne McClain, akhirnya merelakan jatah penerbangannya kepada seorang astronot pria. Saat berlatih, Anne mengira pakaian antariksa berukuran besar akan muat.

“Anne sangat menyadari bahwa lebih mudah dan cepat mengganti orang yang menjalankan misi ke luar angksa daripada membuat lagi pakaian antariksa,” kata juru bicara NASA, Stephanie Schierholz, dilansir The Guardian, Rabu (27/03/2019).

{Baca juga: Stres di Luar Angkasa Bisa Bikin Astronot Terserang Herpes}

Semula, NASA akan mengirim astronot Christina Koch dan Anne McClain pada 29 Maret 2019. Mereka akan berjalan ke stasiun ruang angkasa internasional dan memasang baterai baru. Sebelumnya, misi serupa dilakukan tim pria.

Jumat (22/3) pekan lalu, Anne menyadari ukuran pakaiannya lebih cocok dengan yang medium. Hanya ada satu pakaian ruang angkasa medium yang bisa diselesaikan sampai jadwal mendatang, dan itu bakal dikenakan oleh Koch.

Anne adalah perempuan ke-13 yang melakukan spacewalk, menyusul Koch di urutan ke-14 yang bakal melangsungkannya dengan rekan pria. Walau batal ke luar angkasa bersama Koch, Anne punya jadwal selanjutnya pada 8 April 2019.

Anne McClain

Perempuan pertama yang melakukan misi luar angkasa adalah penjelajah ruang angkasa (kosmonaut) asal Soviet, Svetlana Savitskaya, 35 tahun silam. Dari 500 orang yang bertandang ke luar angkasa, hanya 11 persen yang perempuan.

{Baca juga: Kapsul Crew Dragon Milik SpaceX Sukses Kembali ke Bumi}

Asal tahu saja, pakaian dengan ukuran yang tidak sesuai bisa berbahaya jika dikenakan di luar stasiun. Penyesuaian pakaian antariksa adalah hal rumit, apalagi ada efek gaya berat mikro yang membuat tinggi seseorang bisa berubah. (SN/FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Rekomendasi 10 Game Anak-anak Terbaik di Android 2020

Telset.id, Jakarta - Smartphone dan gaming sepertinya telah menjadi hal yang sulit dipisahkan belakangan ini. Kini, bahkan anak-anak memanfaatkan...

Sony Gelar Acara 3 Juni, Siap Pamerkan PlayStation 5?

Telset.id, Jakarta - Setelah sempat diumumkan pada tahun lalu, Sony PlayStation 5 sepertinya hanya tinggal menunggu waktu untuk hadir...

Barisan Smartphone Huawei dengan EMUI 10.1, Ada Huawei P30!

Telset.id, Jakarta – Jajaran produk Huawei P40 datang dengan EMUI 10.1, yang merupakan versi terbaru dari perangkat lunak EMUI...

Cara Menggunakan Layanan VoLTE Telkomsel

Telset.id, Jakarta - Seiring dengan semakin matangnya 4G, penerapan teknologi Voice over LTE (VoLTE) pun menjadi hal yang lumrah...

Siap-siap! Oppo Reno4 dan Reno4 Pro Meluncur 5 Juni

Telset.id, Jakarta - Setelah sempat wara-wiri di dunia maya, menampilkan baik rupa maupun spesifikasinya, Oppo Reno4 akhirnya benar-benar mengisyaratkan...
- Advertisement -