telset

Telset Editor’s Choice 2019: Operator of The Year

Telset.id – Tahun ini, Telset.id kembali menggelar Telset Editor’s Choice 2019. Selain memilih produk smartphone terbaik untuk beberapa kategori, tim redaksi Telset juga memberikan penilaian pada performa operator seluler di Indonesia. Dan untuk tahun ini, Telkomsel didapuk sebagai Operator of The Year.

Saat ini, kami mencatat ada 5 operator seluler yang beroperasi di Indonesia, yakni Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL Axiata, Smartfren, dan Hutchison 3 Indonesia (Tri). Sepanjang tahun 2019, kelima operator tersebut bersaing sengit memikat hati pelanggannya dengan menggelar berbagai layanannya.

{Baca juga: Telkomsel Berhasil Uji Coba 5G di Batam}

Dan seperti diketahui, dalam beberapa tahun terakhir, para operator di Indonesia nampak lebih fokus mendongkrak layanan data mereka. Wajar saja, karena di era digital seperti sekarang, layanan data atau Internet adalah “kunci” mengakuisisi pelanggan, dan tentu saja meraup duit.

Dalam memutuskan yang terbaik di Telset Editor’s Choice 2019 ini, kami di tim redaksi menggunakan parameter penilaian yang terdiri dari beberapa aspek. Mulai dari kualitas jaringan (seluler dan data/internet), konsistensi dalam menggelar infrastruktur jaringan, kualitas layanan, kinerja keuangan, inovasi layanan dan pengembangan produk (value added service).

Dengan mengacu pada sejumlah aspek tersebut, tim redaksi akhirnya memutuskan bahwa untuk tahun ini yang berhak menyandang predikat Operator of The Year dalam Telset Editor’s Choice 2019 adalah Telkomsel.

Kenapa Telkomsel terpilih sebagai Operator of The Year? Karena berdasarkan beberapa aspek yang menjadi parameter penilaian yang sudah kami sebutkan di atas, Telkomsel memiliki poin tertinggi dan layak sebagai operator seluler terbaik.

Dari sisi kualitas jaringan seluler maupun data/internet, anak usaha Telkom Group ini masih jadi yang terbaik di Indonesia. Penilaian ini juga merujuk dari hasil laporan terbaru yang dirilis perusahaan analisis jaringan seluler OpenSignal bertajuk “Laporan Pengalaman Jaringan Seluler Desember 2019” untuk wilayah Indonesia.

OpenSignal membuat lima kategori dalam analisisnya yang terdiri dari ketersediaan 4G, pengalaman video, kecepatan download, kecepatan upload, dan latensi. Data diperoleh dari 24 kota di Indonesia yang diambil selama periode 1 Agustus hingga 29 Oktober 2019. Total perangkat yang dianalisis OpenSignal 1.854.821 perangkat.

Metode riset yang digunakan mengacu pada standar International Telecommunication Union (ITU) untuk menilai pengalaman streaming video. Ada sejumlah variabel yang diuji seperti waktu muat (loading), stalling, dan resolusi video baik di jaringan 3G maupun 4G.

{Baca juga: Telkomsel Bangun Fasilitas Digital Center di Desa Salem}

Hasilnya, Telkomsel tetap mempertahankan dominasi sebagai operator terbaik di empat kategori, yaitu pengalaman video, kecepatan download, kecepatan upload, dan latensi. Satu kategori ketersediaan 4G dimenangkan oleh Smartfren.

Untuk urusan streaming video (Pengalaman Video), Telkomsel mencatat skor 58,8 poin, diikuti oleh XL Axiata dengan skor 50,8 poin, Tri dengan 47,6 poin, Indosat 41,7 poin, dan Smartfren yang berada di posisi terbawah dengan 34,3 poin.

Sebagai informasi, skor Pengalaman Video ini berkisar dari angka 0 hingga 100 dengan lima tingkatan penilaian, yakni Buruk (0-39), Cukup (40-54), Baik (55-64), Sangat Baik (65-74), Istimewa (75-100).

Telkomsel juga mendapatkan skor tinggi untuk voice app experience, yang artinya pengguna umumnya memahami suara panggilan telepon tanpa mengulang-ulang. Sementara keempat operator lainnya berada di peringkat bawahnya, atau panggilan telepon kerap dirusak oleh gangguan pada suara, bunyi klik, atau volume yang kecil.

Pada kecepatan pengunduhan (download), Telkomsel mendapat penilaian 12 Mbps. Sementara paling rendah Smartfren meraih nilai 4,7 Mbps. Begitupun pengunggahan (upload), posisi paling tinggi Telkomsel dengan penilaian 5,4 Mbps. Sedangkan terendah tetap Smartfren dengan penilaian 1,4 Mbps.

Masih soal jaringan, kami juga menilai Telkomsel menjadi operator yang secara konsisten menggelar infrastruktur jaringannya, yang kini sudah menjangkau 99% populasi Indonesia. Kami melihat konsistensi Telkomsel dalam membangun jaringannya ke seluruh wilayah di Indonesia, hingga ke pelosok dan pulau-pulau terluar di Tanah Air.

Menurut catatan kami, secara keseluruhan Telkomsel telah membangun lebih dari 209.000 unit BTS, dengan 76% dari total BTS atau lebih dari 159.000 BTS tersebut sudah mendukung jaringan broadband (3G/4G).

{Baca juga: Gaspol! 4G Telkomsel Lintasi Jalur Tol Trans Sumatera}

Sementara untuk urusan kinerja perusahaan, Telkomsel menjadi operator yang mencatat pertumbuhan kinerja keuangan yang semakin menunjukkan tren positif, serta meningkatnya kontribusi Bisnis Digital Telkomsel terhadap pendapatan perusahaan.

Hingga kuartal ketiga 2019, bisnis layanan berbasis digital Telkomsel  menunjukkan pertumbuhan yang signifikan mencapai 27,9% dan memberikan kontribusi sebanyak 63,1% dari total pendapatan Telkomsel pada periode tersebut.

Pertumbuhan tersebut didorong dengan peningkatan sebesar 27,4% pada penggunaan layanan data dan 31,2% YoY untuk layanan digital. Pelanggan layanan data Telkomsel sendiri kini sudah mencapai lebih dari 112 juta, atau sekitar 65% dari total pelanggan Telkomsel.

Operator pelat merah ini juga sukses bertransformasi menjadi digital telco company, dengan menghadirkan inovasi dan pemanfaatan teknologi digital ke seluruh pelosok negeri. Sebagai digital telco company, Telkomsel sangat aktif menjadi penyedia mobile lifestyle di Indonesia melalui berbagai platform, seperti video, games, musik serta value added service lainnya.

{Baca juga: Lewat Dunia Games, Telkomsel Dukung eSports Tanah Air}

Beberapa diantaranya yang menonjol seperti platform video streaming MAXstream yang mengembangkan ragam konten MAXstream Original maupun berkolaborasi dengan penyedia konten kelas dunia seperti HBO, HOOQ, serta pegiat industri kreatif Indonesia.

Dalam industri mobile game, Telkomsel aktif membangun ekosistem mobile games di Tanah Air, seperti media dan distribusi, pembayaran digital, eSport dan menjadi Game Publisher melalui Dunia Games, yang hingga kini telah memiliki lebih dari 7 juta pengguna aktif setiap bulannya.

Kami juga memberi apresiasi lebih kepada Telkomsel yang aktif dalam Community Development Program. Telkomsel memiliki program unggulan seperti The NextDev dan Baktiku Negeriku. Khusus The NexDev, selama 5 tahun program tersebut digelar, Telkomsel telah membina 4.900 startup anak muda yang tersebar di Indonesia.

{Baca juga: 105 Pembicara Ramaikan Telkomsel The NextDev Summit 2019}

Penilaian ini bersifat independen dan subyektif dari tim redaksi Telset berdasarkan beberapa kriteria dan parameter yang sudah ditentukan untuk menjadi acuan penilaian.

Selamat untuk Telkomsel yang menjadi Operator of The Year, pilihan tim redaksi Telset.id. Selamat, Telkomsel! [Tim Redaksi]

Simak Video “Telset Editor’s Choice 2019: Smartphone Terbaik 2019, Siapa Jawaranya?”

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0