Jaringan Telkomsel Siap Layani Pemudik Lebaran

P_20140610_111930_1

Surabaya – Untuk memastikan kesiapan jaringan menjelang musim mudik Lebaran,Telkomsel menggelar uji jaringan di sepanjang jalur kereta api dari Jakarta ke Surabaya. Hasilnya, Telkomsel menegaskan siap menghadapi lonjakan trafik komunikasi saat Lebaran.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada tahun ini pun diperkirakan akan terjadi lonjakan trafik komunikasi. Telkomsel memperkirakan lonjakan trafik mencapai 40% dibanding hari biasa.

“Ramadhan hingga Lebaran merupakan moment penting bagi pelanggan. Untuk itu, kami inginn memastikan kesiapan jaringan, baik voice, SMS,” kata Direktur Network Telkomsel, Abdus Somad Arief saat memaparkan hasil uji jaringan Jakarta-Surabaya, Rabu (10/6/2014).

Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada tahun ini pun dipastikan akan terjadi lonjakan trafik komunikasi. Telkomsel memperkirakan lonjakan trafik mencapai 40% dibanding tahun sebelumnya.

Untuk layanan suara diperkirakan kenaikan trafik mencapai 5%, sementara untuk SMS diperkirakan naik 10%, dan untuk layanan data/ internet akan mengalami lonjakan cukup signifikasi sebesar 35%.

Abus menerangkan, bahwa hasil uji jaringan melalui jalur kereta api dari Jakarta hingga Surabaya menunjukan jaringan Telkomsel siap menghadapi lonjakan trafik komunikasi selama Ramadhan dan Lebaran.

Dalam test ini, Telkomsel ingin melihat kuat data pancar dan daya terima handset (Coverage), tingkat kesuksesan akses (Call Setup Success Rate/CSSR), tingkat kesuksesan panggilan (Call Completion Success Rate/CCSR), lama waktu panggilan (Call Setup Time/CST), kualitas suara (Mean Opinion Score/MOS) dan kecepatan mengunduh data per detik (Data Throughput).

Dan dari catatan selama test jaringan tersebut adalah, untuk CSSR sebesar 98%, CCSR 1,68%, CST 7,6 detik, MOS 93,85% dalam skala > 3 – 3,5 yang artinya memiliki kualitas suara baik, dan Data Throughput tercatat 832.6 kbps.

“Secara keseluruhan, jaringan Telkomsel di jalur mudik Lebaran dengan kereta api Jakarta-Surabaya siap menghadapi lonjakan trafik komunikasi,” ujar Abdus.

Menurut pria yang akrab disapa ASA ini, untuk menghadapi lonjakan trafik selama Ramadhan dan Lebaran, Telkomsel telah meningkatkan kapasitas jaringan antara 20 hingga 40% di sepanjang jalur mudik Jawa-Bali, sementara di Jawa Barat kapasitasnya ditingkatkan 45% dan di Jawa Timur sebesar 55%.

Selain menambah kapasitas jaringan selama periode Ramadhan dan Lebaran, sepanjang tahun ini Telkomsel terus melakukan pembangunan BTS (Base Transceiver Station) di berbagai daerah di Indonesia.

Hingga pertengahan tahun ini sebanyak 8.500 BTS telah on-air sehingga total BTS yang dimiliki oleh Telkomsel hingga akhir Mei 2014 mencapai 77.800 BTS, dimana 33.000 adalah node B (BTS 3G).[HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0