Target Pasar Mirip, Telkomsel Orbit Gerus Pelanggan IndiHome?

Telset.id, Jakarta – Target pasar Telkomsel Orbit sepintas mirip dengan layanan IndiHome dari Telkom, yang juga menyasar pengguna rumahan. Untuk itu muncul asumsi Telkomsel Orbit akan menggerus pasar IndiHome.

Telkomsel Orbit dan IndiHome sama-sama berada di bawah naungan Telkom Group, sehingga keduanya dianggap bisa saling bersaing memperebutkan pasar.

Namun anggap itu dibantah oleh pihak Telkomsel. Menurut  Head of Home LTE Telkomsel Arief Pradetya pangsa pasar Telkomsel Orbit dan IndiHome berbeda.

Arief menyebutkan, bahwa Telkomsel Orbit adalah layanan internet nirkabel yang menyasar pengguna rumahan yang tinggal di kawasan yang belum terjangkau layanan internet.

{Baca juga: Telkomsel Orbit Resmi Meluncur, Apa Keunggulannya?}

Itu sebabnya, lanjut Arief, Telkomsel Orbit tidak akan bersaing dengan layanan internet kabel seperti IndiHome, yang sejatinya masih “satu keluarga”.

“Kita mau fokus ke segmen pelanggan yang sulit dilayani internet kabel karena lokasinya sulit dijangkau,” ujar Arief, pada konferensi pers virtual pada Kamis (03/07/2020).

Dia menambahkan, bahwa layanan internet nirkabel untuk pengguna rumahan memiliki potensi pasar yang tinggi. Hingga tahun 2025 diprediksi ada 11 juta pengguna yang membutuhkan internet nirkabel.

“Peluang untuk pasar nirkabel masih cukup besar, sehingga kita ingin fokus menyediakan layanan ke 11 juta pengguna tersebut, yang wilayahnya tidak dijangkau oleh internet kabel,” jelasnya.

Saat ini Telkomsel Orbit sudah tersedia di 50 kota di Indonesia dan akan terus memperluas cakupan wilayah. Selain itu Telkomsel Orbit telah melakukan soft launch dan berhasil mendapat 4000 pengguna dimana mayoritas memberikan respon positif.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, Telkomsel resmi menghadirkan layanan internet rumah berbasis modem WiFi bernama Telkomsel Orbit pada Kamis (2/7) kemarin.

Layanan tersebut menawarkan beragam keunggulan, salah satunya mampu mengatur penggunaan kuota melalui aplikasi.

{Baca juga: Sasar Pengguna Rumahan, Ini Harga Modem Telkomsel Orbit}

Tersedia 2 varian modem yakni Orbit Star dan Orbit Max yang dibandrol dengan harga Rp 799 ribu dan Rp 2,39 juta. Untuk kuota internet, tersedia 3 jenis paket data yang harganya mulai dari Rp 65 ribu saja. [NM/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI