telset

Telkomsel jadi Operator Seluler Terbaik versi OpenSignal

Telset.id, Jakarta OpenSignal merilis laporan pengalaman jaringan seluler per Desember 2019. Hasilnya, Telkomsel dinobatkan menjadi operator seluler terbaik Indonesia karena mampu memenangkan 6 kategori dari 7 kategori terkait kualitas jaringan seluler.

Dalam laporannya, OpenSignal menyatakan bahwa mereka membuat 7 kategori yang meliputi ketersediaan 4G, pengalaman video, voice app experience, pengalaman kecepatan download, pengalaman kecepatan upload, pengalaman latency, dan cakupan 4G.

Dalam laporan tersebut, OpenSignal meneliti terkait kualitas jaringan yang dimiliki oleh 5 operator di Indonesia yakni Indosat Ooredoo, XL Axiata, Smartfren, Telkomsel dan Hutchison 3 Indonesia.

{Baca juga: Paket Internet Telkomsel, Daftar Harga dan Rekomendasi}

Hasilnya, Telkomsel berhasil menjadi operator seluler terbaik dengan memenangkan 6 kategori yakni pengalaman video, voice app experience, pengalaman kecepatan download, pengalaman kecepatan upload, pengalaman latency, dan cakupan 4G.

Jaringan Telkomsel

“Penghargaan kami terus didominasi oleh satu operator, Telkomsel memenangkan enam penghargaan termasuk penghargaan jangkauan 4G baru serta penghargaan oice App Experience kami,” tulis OpenSignal.

Untuk video, Telkomsel berhasil memenangkan kategori karena mampu mendapatkan poin 58,8 dari skala penilaian 0 sampai 100. Sementara voice app experience, Telkomsel memenangkan kategori ini karena mampu mengumpulkan poin 77,3.

“Telkomsel memenangkan penghargaan pengukuhan Pengalaman Voice App di Indonesia,” tulis OpenSignal.

{Baca juga: Kisah Perjuangan Stafsus Jokowi Tayang di MAXstream Telkomsel}

Lalu untuk kategori pengalaman kecepatan download dan upliad, Telkomsel meraih kecepatan 12 Mbps dan 5,4 Mbps atau yang tertinggi dibandingkan 4 operator lainnya.

Pengalaman latency Telkomsel juga jadi juara dengan latensi terendah 45,5 ms. Latency sendiri adalah ukuran waktu respons jaringan, dan ukuran ini memengaruhi pengalaman data seluler.

“Telkomsel tetap menjadi pemimpin dalam pengalaman latency, dengan skor lebih dari 5 ms lebih cepat dibanding pesaing terdekatnya yaitu Hutchison 3 Indonesia,” tulisnya.

Terakhir adalah cakupan 4G. Telkomsel memenangkannya dengan skor 7,9 dari skala penilaian 1 sampai 10. Adapun 1 kategori yang tidak dimenangkan Telkomsel adalah ketersediaan 4G dimana juaranya adalah Smartfren. (NM/FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0