Telkomsel Digitalisasi 1.800 Truk Tangki BBM Pertamina

Telset.id, Jakarta – Telkomsel melakukan digitalisasi terhadap 1800 unit kendaraan tangki BBM Pertamina. Kerjasama ini ditandai dengan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara anak usaha Telkom Group itu dengan Pertamina Patra Niaga.

Menurut Direktur Utama Telkomsel, Emma Sri Martini digitalisasi dilakukan dengan memberikan solusi Internet of Things (IoT) Telkomsel Fleetsight untuk meningkatkan efisiensi dan keselamatan moda pengangkut bahan bakar tersebut.

{Baca juga: Gandeng Google, Telkomsel Perkenalkan ‘Android Zero Touch’}

“Teknologi ini dapat meningkatkan operasional dan efisiensi layanan serta keselamatan. Kita ingin membantu layanan agar lebih terkontrol end to end ke pusat,” kata Emma di Telkomsel Smart Office, Jakarta Senin (02/09/2019)

Telkomsel FleetSight adalah solusi IoT yang dapat memonitor dan mengontrol armada kendaraan dengan perangkat telematika berbasis satelit. Teknologi ini mampu merekam dan menyediakan informasi berupa pilihan rute, jam operasional kendaraan, perilaku pengemudi dan mengukur batas kecepatan.

Data-data tersebut juga dikombinasikan dengan peraturan dan peringatan yang daapat diberikan secara real time, ketika terjadi pelanggaran operasonal. “Kita akan melihat fitur-fitur yang dapat memantau driver apakah ngantuk atau tidak,” tambah Emma.

Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Nina Sulistyowati mengucapkan terima kasih kepada Telkomsel atas dukungan berupa digitalisasi 1800 truk pengangkut BBM Pertamina. Harapannya digitalisasi ini dapat berdampak positif terhadap kegiatan operasional Pertamina.

“Semoga juga berdampak positif bagi akselerasi efisiensi dan distribusi agar persediaan BBM dapat menjangkau seluruh masyarakat Indonesia,” kata Nina.

Penjajakan kerja sama kedua perusahaan diawali dengan penandatanganan MoU meliputi 3 fase. Tahap pertama merupakan pemasangan FleetSight yang siap beroperasi pada September hingga Oktober 2019.

{Baca juga: Telkomsel Terus Kembangkan Jaringan 5G di Indonesia}

Tahap kedua dan ketiga merupakan peningkatan fitur FleetSight dengan mengintegrasikan beberapa sensor tambahan seperti temperatur rem kendaraan, kekentalan oli mesin dan tekanan pada ban. [NM/HBS]

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI