Telkomsel Terus Kembangkan Jaringan 5G di Indonesia

Telset.id, Jakarta – Setelah memperkenalkannya di Asian Games 2018 lalu, Telkomsel kini terus mengembangkan jaringan 5G. Namun diakui, masih banyak persiapan yang harus dilakukan untuk dapat menggelar jaringan seluler generasi kelima itu secara nasional.

Pengembangan jaringan 5G menjadi salah satu bagian dari roadmap teknologi mobile broadband, yang sedang dijalankan Telkomsel. Mereka terus mengembangkan jaringan kelima tersebut usai memamerkanya di ajang Asian Games 2018 lalu.

Direktur Network Telkomsel, Iskriono Windiarjanto mengatakan Telkomsel memiliki tanggung jawab untuk mendukung pengembangan dan implementesi teknologi terkini di Tanah Air, seperti jaringan 5G.

“Kami pun sudah mempersiapkan untuk adopsi generasi baru dari koneksi broadband ini, namun untuk adopsinya di Indonesia masih banyak yang harus dipersiapkan,” kata Iskriono dalam keterangannya, Minggu (15/6/2019).

Pemerintah, menurut Iskriono, perlu mengkaji kesiapan perangkat dan alokasi spektrum untuk jaringan 5G. Serta persiapan yang matang jika 5G ingin dialokasikan untuk Internet of Things (IoT).

{Baca juga: Rayu Pelanggan Beralih ke 4G, Telkomsel Kasih Bonus Kuota}

“Termasuk alokasi spektrum yang saat ini sedang dikaji lebih lanjut oleh pemerintah. Untuk IoT dengan 5G di Indonesia juga masih banyak yang harus dipersiapkan,” tambah Iskriono.

Iskriono menambahkan jika teknologi 5G membutuhkan alokasi spektrum yang cukup signifikan. Pemerintah harus menyediakan sejumlah 80-100 MHz spektrum secara kontinyu bagi setiap operator di band utama (seperti 3,5 GHz), dan sekitar 1 GHz di band millimeter wave (seperti spectrum di atas 24 GHz).

3GPP sebagai organisasi standarisasi industry telekomunikasi Internasional juga sedang mempersiapkan proposal terhadap standarisasi dari 5G NR (New Radio). Terkait tahapan komersialisasi 5G, Telkomsel menunggu izin dari pemerintah untuk membuka spektrumnya.

Namun meski mengaku sedang ancang-ancang untuk menggelar 5G, namun Telkomsel hingga kini belum menunjuk mitra untuk mengembangkan jaringan tersebut.

“Sedangkan kesiapan dalam hal kerjasama, kami belum menunjuk mitra jaringan untuk penggelaran 5G nasional,” tandasnya.

{Baca juga: Ganjot Adopsi 4G, Telkomsel Gandeng Mitra Devices}

Telkomsel merupakan operator pertama yang menghadirkan pengalaman 5G di Indonesia, melalui 5G Experience di kompleks Gelora Bung Karno, selama perhelatan Asian Games 2018.

Melalui aktivasi Telkomsel 5G Experience Center, masyarakat Indonesia dapat merasakan langsung implementasi teknologi 5G secara nyata.

Saat itu berbagai perangkat yang diperkenalkan Telkomsel di antaranya adalah Live Streaming, Football 2020, Future Driving, Cycling Everywheren, dan Autonomous Bus. [NM/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI