Akhirnya, Telkom IndiHome dan Telkomsel Buka Blokir Netflix

Telkom Buka blokir Netflix

Telset.id, Jakarta – Telkom Group telah resmi buka blokir Netflix, Itu artinya, pengguna IndiHome, Telkomsel, dan layanan Telkom lainnya sudah diizinkan untuk menikmati tayangan Netflix kembali.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima Telset.id pada Selasa (07/07/2020), VP Corporate Communication Telkom, Arif Prabowo, mengatakan bahwa Netflix telah mengubah pendekatan mereka di pasar Indonesia menjadi lebih baik.

“Telkom mengapresiasi perubahan pendekatan yang dilakukan Netflix untuk pasar Indonesia dan karenanya memberi kesempatan pada pelanggan TelkomGroup untuk dapat mengakses beragam konten hiburan,” kata Arif.

{Baca juga: 7 Juli 2020, Telkom dan Telkomsel Buka Blokir Netflix?}

Arif menambahkan, perubahan pendekatan yang dimaksud adalah Netflix telah menyediakan tools dalam sistem untuk membatasi akses atas tayangan sensitif.

Selain itu, Netflix juga telah membatasi akses tayangan sensitif kepada pelanggan yang masih di bawah umur dan menyediakan mekanisme untuk penanganan keluhan pelanggan.

Lebih lanjut, Arif memastikan bahwa Netflix akan terus berkomitmen untuk mendengar masukan dan bersedia menyelesaikan keluhan dari pemerintah atau regulator dalam waktu 24 jam atau sesuai waktu yang ditentukan oleh pihak yang berwenang.

Arif pun menuturkan, Netflix telah menyepakati komitmen kepatuhan Self Regulation Code for Subscription Video on Demand Industry in ASEAN.

Salah satu poin kepatuhan tersebut ialah tidak menayangkan konten yang melanggar hak cipta, mengandung pornografi anak, terorism, Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI), serta mendiskreditkan kelompok tertentu.

Perubahan pendekatan itulah yang akhirnya membuat Telkom buka blokir terhadap Netflix. Diharapkan kehadiran layanan tersebut bisa berdampak pada bisnis digital perusahaan plat merah tersebut.

“Kemitraan ini merupakan upaya menumbuhkan bisnis digital serta untuk terus menjaga excellent customer experience TelkomGroup dengan menyediakan berbagai kemudhaan dan kenyamanan dalam mengakses konten-konten berkualitas,” tutur Arif.

Ia berharap, dibukanya blokir Netflix oleh Telkom Group dapat berkontribusi untuk mengembangkan industri perfilman nasional.

{Baca juga: Bebas Blokir, Cara Nonton Netflix di Telkomsel dan IndiHome}

“Ke depannya Telkom berharap agar Netflix dapat lebih berperan pada kemajuan perfilman nasional dengan memperbanyak tanyangan produk konten lokal,” tutup Arif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here