7 Juli 2020, Telkom dan Telkomsel Buka Blokir Netflix?

Atur Kecepatan Film Netflix Android

Telset.id, Jakarta – Kabar Telkom buka blokir Netflix sudah tersebar luas sejak sebulan yang lalu. Janji itu kabarnya akan benar-benar diwujudkan pada hari ini, Selasa 7 Juli 2020. Benarkah?

Banyak pelanggan yang sudah menantikan bisa benar-benar menonton tayangan Netflix di jaringan milik Telkom Group, termasuk Telkomsel.

{Baca juga: Bebas Blokir, Cara Nonton Netflix di Telkomsel dan IndiHome}

Tersiar selentingan bahwa Telkom akan membuka blokir Netflix pada 7 Juli 2020. Kabar ini semakin diperkuat dengan cuitan dari akun Twitter IndiHome, yang menyebutkan bahwa Telkom telah membuka akses layanan streaming film itu.

Cuitan “konfirmasi” Telkom sudah membuka blokir Netflix itu disampaikan akun Twitter IndiHome saat membalas tweet seorang warganet @mmatcha dan @amazing_fey yang mengaku sudah bisa mengakses layanan Netflix di jaringan IndiHome.

“Halo Kak Din, Genzi informasikan bahwa per tgl 7 Juli 2 0 2 0 akan berlaku unblock Netflix dari Telkomsel dan IndiHome ya. Terima kasih -Genzi,” tulis akun Twitter Indihome.

Tak hanya itu, seorang warganet lainnya bernama Teresia S juga mengaku sudah bisa membuka layanan Netflix via IndiHome.

“Kurang baik apa @Indihome udah unblock Netflix,” cuit Teresia S dengan akun @tiiwull.

Cuitan itu pun dibalas akun resmi Indihome “Ia dong, kak, memang benar saat ini sudah bisa akses ke Netflix dari broadband akses (Indihome)” tulisnya.

Namun saat tim Telset.id coba untuk membuka Netflix via jaringan Telkomsel pada 7 Juli 2020 pukul 02.00, layanan streaming film paling populer di dunia itu masih terblokir, alias belum bisa dibuka.

Pihak Telkom dan Telkomsel sendiri masih belum mengkonfirmasi atau mengumumkan secara resmi soal dibukanya blokir Netflix di jaringan mereka.

Sebelumnya, Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro memastikan akan segera membuka blokir Netflix saat menggelar konferensi pers pada 15 Juni 2020 lalu.

Menurutnya, pemblokiran Netflix akan dibuka di jaringan Telkom dalam beberapa minggu ke depan. Katanya, keputusan ini diambil karena masalah etik, khususnya terkait kebijakan konten.

“Ini bocoran sedikit, kita memang sedang berbicara serius dengan Netflix. Kita tahu bersama mengapa Telkom Group termasuk Telkomsel tidak memperbolehkan pelanggannya mengakses Netflix itu lebih karena alasan etik,” kata pria yang akrab disapa Anto ini.

“Ada beberapa hal yang memang tidak disepakati oleh pihak Netflix pada saat itu terkait dengan kebijakan konten,” tambahnya.

{Baca juga: Telkomsel Mau Buka Blokir Netflix Sebentar Lagi}

Namun saat ditanya soal kapan Telkomsel akan mencabut blokir terhadap Netflix, Anto tidak mau menyebutkan kepastian tanggalnya. Dia hanya mengatakan bahwa pemblokiran akan dibuka dalam beberapa minggu ke depan.

“Insya Allah dalam hitungan minggu (blokir dibuka),” ujar Anto saat itu.

Sekadar informasi, Netflix diblokir oleh Telkom per 27 Januari 2016 pada pukul 00.00 WIB. Pemblokiran tersebut menjadi kontroversial karena Netflix adalah layanan streaming favorit dengan jumlah pengguna yang cukup banyak di Indonesia. (NM/MF)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here