XL Bawa Layanan 4.5G ke Indonesia

Muhammad Faisal Hadi Putra

Telset.id, Jakarta – Disaat masyarakat Indonesia baru saja menikmati cepatnya layanan 4G LTE, salah satu operator besar Indonesia, XL Axiata mulai memperkenalkan layanan dengan teknologi terbaru yakni layanan 4.5G. Menurut Vice President LTE XL Axiata, Rahmadi Mulyohartono, layanan 4.5G memang memiliki keunggulan dibanding layanan 4G. Keunggulan tersebut khususnya adalah pada segi kecepatan dan kestabilannya.

Menurutnya, salah satu indikasi yang dilakukan oleh XL untuk pengembangan layanan 4.5G saat ini adalah menerapkan teknologi 4T4R yang merupakan teknologi versi lanjut dari 4G.

“Salah satu indikasinya adalah kami saat ini telah menerapkan teknologi 4T4R, yang sebenarnya merupakan teknologi versi advance dari 4G,” Jelas Rahmadi pada wartawan saat acara diskusi perkembangan layanan 4G LTE XL (31/08).

Keunggulan dari teknologi 4T4R yang juga merupakan pengembangan dari teknologi 2T2R dan 2T4R ini adalah kecepatan dan juga kestabilan. Ya, teknologi tersebut mampu melakukan pengiriman data dengan kapasitas yang besar pada kecepatan hingga 210 Mbps dengan bandwidth  frekuensi 15 MHz.

Sebagai informasi, saat ini teknologi 4T4R sudah diimplementasikan di beberapa kota besar di Indonesia seperti jabodetabek, Bandung, Surabaya, Denpasar. Untuk kota-kota lainnya, XL berjanji akan segera mengimplementasikannya.

Leave a Comment