XL Khawatir Internet Elon Musk Ganggu Bisnis Operator Indonesia

Telset.id, Jakarta – XL Axiata menanggapi isu kalau bisnis layanan internet milik Elon Musk akan masuk ke Indonesia, yang mana kalau itu benar adanya maka dapat mengganggu bisnis yang dijalankan oleh operator dalam negeri seperti XL.

Melalui acara Detikcom Leaders Forum di Jakarta pada Kamis (24/08/2023), CEO XL Axiata Dian Siswarini menjelaskan kalau Kominfo harus menjadi katalisator dan fasilitator supaya operator dalam negeri menjadi tuan rumah di Indonesia.

“Kita setuju kalau Pemerintah Indonesia harus menjadi katalisator supaya bisnis telekomunikasi bisa tetap sustain. Namun menjaga supaya bisnis operator dalam negeri tetap sustain atau stabil itu cukup sulit,” kata Dian.

Terlebih muncul isu kalau Elon Musk akan membuka bisnis internet di Indonesia dan hal ini tentunya menimbulkan kekhawatiran bagi XL Axiata. Mengingat Elon Musk adalah pebisnis global dengan berbagai perusahaan yang dimiliki.

BACA JUGA:

Karena itu, perempuan lulusan ITB ini meminta Kominfo menjaga playing field atau medan bisnis yang seimbang di industri telekomunikasi.

“Kalau seperti sekarang apalagi playing field-nya kurang balance, barangkali untuk menjaga sustainability akan sangat sulit, apalagi sekarang muncul nanti akan ada pemain baru yang juga mendunia Elon Musk katanya mau masuk,” tutur Dian Siswarini.

Dian menambahkan kalau isu ini harus menjadi fokus Kominfo, dan semoga saja Pemerintah bisa tetap memihak operator dalam negeri sehingga bisnis telekomunikasi bisa lebih seimbang.

“Ini harus menjadi fokus Pemerintah, karena kalau Elon Musk benar-benar masuk dan kita tidak mendapatkan playing field yang sama, barangkali semuanya dibabat habis,” sambung Dian.

BACA JUGA:

Sayangnya Dian menjelaskan perusahaan Elon Musk yang akan masuk Indonesia. Kemungkinan yang Dian maksud adalah Telco X. Layanan internet berbasis satelit yang dalam operasionalnya menggunakan jaringan satelit Starlink yang kabarnya akan masuk ke Indonesia. Kita tunggu saja apakah Telco X benar-benar masuk Indonesia atau tidak.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI