XL Janjikan Internet Cepat Jangkau Pelosok Desa

Foto: Ilustrasi/Kabar Bisnis

Telset.id, Jakarta – Operator seluler XL Axiata nampaknya tak ingin terus-terusan dituding hanya mau menggelar layanan Internet cepatnya di wilayah perkotaan saja. Oleh sebab itu, XL kini mulai mencoba menggelar layanan internet cepat (broadband) di wilayah pelosok Indonesia dengan dukungan satelit High Throughput Satellite (HTS).

Hal itu dapat dilakukan setelah Axiata Group Berhad (Axiata), anak perusahaan Axiata Business Services Sdn Bhd, menandatangani perjanjian kerjasama multi-transponder dengan IPSTAR International Pte Limited (IPSTAR), anak perusahaan Thaicom Public Company Limited (Thaicom) untuk layanan sewa guna usaha dan teleport berdurasi empat tahun.

Penanadatanganan kerjasama solusi bisnis Axiata ini meliputi pembelian sisa kapasitas milik IPSTAR yang berada di seluruh Indonesia, yang kemudian akan diberikan kepada XL Axiata, dengan kapasitas lebih dari 1Gbps HTS untuk penyediaan layanan broadband di Indonesia.

Berdasarkan perjanjian, Axiata Business Services akan menggunakan kapasitas hingga tujuh blok KU-band dan spot pada satelit broadband IPSTAR-1 yang terletak di 119,5° BT untuk penyediaan layanan broadband di Indonesia. Termasuk nantinya akses broadband langsung ke kawasan pemukiman dan industri, serta backhaul jaringan seluler.

“Kami memanfaatkan kemampuan Thaicom di Asia untuk membantu mengembangkan bisnis perusahaan secara cepat dan fleksibel sambil memberikan layanan broadband yang handal kepada semua calon pelanggan, terlepas dari faktor lokasi tempat mereka berada,” kata Asri Hassan Sabri, Chief Operating Officer Axiata Group.

“Di mana konektivitas berbasis terestrial sangat terbatas atau bahkan tidak tersedia, konektivitas HTS berfungsi sebagai enabler untuk membuka ekosistem digital dan meraih peluang pasar baru.

Menurutnya, sebagai satelit Throughput High Throughput pertama di dunia yang diluncurkan pada tahun 2005, IPSTAR Thaicom diklaim dapat membantu XL menjangkau pengguna di berbagai daerah terpencil di Indonesia dengan biaya terjangkau.

Sementara itu, CEO XL Axiata, Dian Siswarini, menambahkan, sebagai kepulauan terbesar di dunia, ada banyak sekali wilayah dan kepulauan di Indonesia yang belum terlayani oleh layanan internet.

“Kami yakin, dengan satelit HTS ini, akan membantu kami menutupi area-area yang belum terlayani tersebut dengan akses internet yang baik dan sekaligus mengangkat potensi ekonomi yang cukup besar di sana,” klaimnya. [HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here