Home NEWS TELKO Terapkan “Zero Touch Operation”, XL Lebih Cepat Layani Pelanggan

Terapkan “Zero Touch Operation”, XL Lebih Cepat Layani Pelanggan

Direktur & Chief Information-Digitalization Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya (Foto : Telset)

Telset.id, Jakarta – XL Axiata melakukan peningkatkan pelayanan untuk pelanggan. Caranya dengan menerapkan platform Zero Touch Operation sehingga pelayanan bisa lebih cepat dan efisien.

Menurut Direktur & Chief Information-Digitalization Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya  platform Zero Touch Operation (ZTO) termasuk Automation Network Operation Center merupakan salah satu upaya XL untuk  meningkatkan kenyamanan pelanggan.

“Penerapan platform Zero Touch Operation ini merupakan bagian dari transformasi digital yang terus kami lakukan, di mana sejak tahun 2019 kami telah melakukan modernisasi pada setiap perangkat penunjang operasi,” ujar Yessie.

Melalui konferensi pers virtual pada Kamis (21/01/2021) Yessie menjelaskan bahwa platform ZTO juga dapat mempercepat deteksi terhadap gangguan jaringan dan dampaknya terhadap pelanggan.

{Baca juga: Cara Cek Kuota dan Pulsa XL Axiata Terbaru, Gampang!}

“Tujuannya agar mampu menyediakan berbagai layanan yang maksimal sesuai dengan ekspektasi pelanggan, kami juga berupaya untuk meminimalisir dampak gangguan pada sisi jaringan,” tambah Yessie.

Selain itu Yessie juga mengatakan bahwa teknologi ini juga dapat meningkatkan produktivitas tim operasional dan mengurangi beban kerja untuk pekerjaan yang rutin dan berulang.

“Hal ini yang memberikan kesempatan untuk fokus pada pekerjaan yang lebih menantang dan bernilai,” tutur Yessie.

Manfaat dan Cara Kerja Zero Touch Operation

(Foto : XL Axiata)

Lebih lanjut platform Zero Touch Operation bekerja dengan menggunakan Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning (ML) untuk mengolah data yang ada pada sistem guna menghasilkan informasi dan rekomendasi mengenai langkah-langkah yang perlu dilakukan.

ZTO mampu menjalankan pekerjaan yang berulang dan memiliki tingkat kognitif yang rendah, serta membutuhkan sumber daya manusia yang cukup banyak untuk melakukannya.

Dengan platform ini, semua pekerjaan yang sudah memiliki Standard Operational Procedure (SOP) yang baku akan bisa dikerjakan oleh mesin atau tidak perlu lagi dikerjakan secara manual.

Pada kesempatan tersebut Yessie juga menjelaskan ZTO bekerja dengan menggunakan AI dan ML untuk mengolah data yang ada pada sistem guna menghasilkan informasi dan rekomendasi mengenai langkah yang perlu dilakukan.

Misalnya saja saat muncul tanda peringatan atau alarm pada sistem maka secara otomatis Trouble Ticket (TT) dan teknologi AI dan ML akan menganalisis masalah dan penyelesaiannya.

{Baca juga: XL Axiata Persiapkan Layanannya untuk Hadapi Libur Panjang 2020}

Setelah itu tim operasional di lapanan akan mendapat informasi mengenai perintah kerja yang diberikan AI dan ML lewat aplikasi. Usai menyelesaikan masalah di lapangan, tim melaporkan kembali ke aplikasi dan masalah atau TT selesai.

“Dengan menerapkan platform ini, banyak aktifitas operasional termasuk pengelolaan jaringan bisa diproses secara otomatis dengan pemanfaatan IT yang pada akhirnya akan dapat meningkatkan kualitas layanan bagi pelanggan,” sambung Yessie.

Saat ini implementasi platform Zero Touch Operation oleh XL Axiata telah berhasil memberikan manfaat berupa peningkatan ketersediaan jaringan, volume download naik, waktu respon terhadap persoalan jaringan hingga peningkatan kualitas 4G.

“Manfaat platform ini adalah ketersediaan jaringan meningkat 4,2%, volume download naik hingga 45%, waktu respon terhadap persoalan jaringan 90% peningkatan waktu untuk restorasi sebanyak 35% serta peningkatan kualitas 4G hingga 18%,” jelasnya. 

(Foto : XL Axiata)

Sekedar informasi platform ZTO hadir berkat kerja sama dengan PT Huawei Tech Investment sebagai penyedia teknologi. Proyek pengembangan platform akan terus dilakukan dan ditargetkan bisa selesai di tahun 2023 mendatang.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga HP Terbaru 2020}

Dengan adanya ZTO dari XL Axiata diharapkan pelanggan XL semakin nyaman dan kinerja perusahaan semakin meningkat di tahun 2021 ini.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version