Sempat Menghilang, Ini Penampakan Terbaru Jack Ma

Telset.id, Jakarta – Setelah dikabarkan menghilang, akhirnya Jack Ma muncul ke publik. Sosoknya muncul ke publik melalui video conference dan begini kondisi terbaru miliarder asal China di tahun 2021 ini.

Video kemunculan Jack Ma pertama kali diunggah oleh media milik pemerintah China, Global Times pada Rabu (20/01/2021). Melalui akun Twitter @globaltimesnews, dirinya  memberikan ilmu wirausaha kepada 100 guru pedesaan melalui video conference.

Tampak dalam video tersebut, pendiri Alibaba itu mengenakan busananya berwarna biru navy dan tampak sehat. Masih melalui video tersebut, Ma juga mengatakan kepada para guru bahwa dirinya akan bertemu setelah Covid-19 selesai.

{Baca juga: Jack Ma Menghilang Sejak Oktober Usai Kritik Pemerintah China}

“#Alibaba pendiri @JackMa, guru bahasa Inggris yang menjadi wirausaha, bertemu dengan 100 guru pedesaan dari seluruh negeri melalui tautan video pada hari Rabu. “Kita akan bertemu lagi setelah epidemi [COVID-19] selesai,” katanya kepada mereka: laporkan,” cuit @globaltimenews.

Video tersebut menarik perhatian warganet. Berdasarkan pantauan Tim Telset di Twitter pada Jumat (22/01/2021) video tersebut berhasil mendapatkan 161 retweet, 189 tweet kutipan, 439 likes dan puluhan komentar dari warganet.

Komentar warganet cukup beragam. Misalnya saja akun @Abracabraxas_ yang menilai kalau Jack Ma terlihat lebih terpelajar. Apalagi dirinya sebenarnya mantan guru Bahasa Inggris.

“Dia terlihat sangat terpelajar saat ini,” kata @Abracabraxas_.

Selanjutnya ada juga akun @aum_shree yang menilai ada yang aneh dengan tokoh teknologi ini. Di video tersebut warganet ini menilai bahwa Jack tampak tidak bahagia dan tertekan.

“Dia tidak terlihat bahagia dan terlihat tertekan,” tutur @aum_shree.

Terakhir ada juga akun @parbhatsharma72 yang bersyukur Jack Ma masih hidup. Dirinya menilai bahwa pemerintah China tidak dapat menghentikan suara Jack Ma khususnya mengenai perubahan ke arah yang lebih baik.

“Terima kasih tuhan ia masih hidup. Pemerintah China tidak bisa menghentikan suara perubahan,” jelas @parbhatsharma72.

Jack Ma Menghilang

Sebelumnya miliarder sekaligus pendiri Alibaba, Jack Ma, diduga menghilang usai mengkritik pemerintah China. Tokoh teknologi tersebut diketahui tak menampakkan batang hidungnya sama sekali dalam beberapa bulan terakhir.

Dikutip Telset dari Independent, Selasa (5/1/2021), kasus itu bermula ketika suami  Cathy Zang tersebut mengkritik sistem keuangan China dalam sebuah acara di Shanghai. Ia menganjurkan reformasi perbankan di acara yang digelar pada 24 oktober tahun lalu.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga HP Terbaru 2021}

Menurutnya, sistem perbankan China harus direformasi karena banyak bank yang sistemnya mirip dengan sistem pegadaian. Anehnya, usai menyampaikan kritik terhadap pemerintah China, ia tidak lagi muncul ke publik.

(Foto : Istimewa)

Jack Ma pun tiba-tiba menghilang tanpa jejak usai kritik pemerintah China tentang reformasi sistem keuangan. Hal ini diperkuat dengan vakumnya akun Twitter @JackMa sejak tanggal 10 Oktober 2020.

Kemudian pada awal Januari 2021 misteri keberadaan Jack Ma mulai terungkap. Bukannya menghilang, menurut kabar terbaru dari wartawan CNBC David Faber, Ma diduga sengaja bersembunyi di sebuah tempat di Kota Hangzhou China.

{Baca juga: Bukan Menghilang, Jack Ma Diduga Sengaja Bersembunyi}

Dengan munculnya Jack Ma memberikan gambaran bahwa miliarder tersebut masih hidup dan sehat. Diharapkan setelah ini masyarakat dunia bisa kembali melihat Ma kembali memberikan inspirasi khusunya di bidang ekonomi digital.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -