Siap-siap! Bulan Depan XL Axiata akan Hentikan Layanan 3G

Telset.id, Jakarta – XL Axiata akan menghentikan layanan 3G mulai bulan depan atau awal April 2022. Saat ini penghentian layanan sudah mencapai lebih dari 95%.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima pada Kamis (31/3/2022), tujuan menutup layanan 3G yaitu untuk meningkatkan kualitas layanan 4G serta mengikuti arahan pemerintah dalam hal ini Kementerian Kominfo.

“Selaras dengan arahan pemerintah dan wujud komitmen untuk meningkatkan kualitas jaringan dan layanan 4G, maka XL telah melakukan technology refarming dari 3G ke 4G,” ujar Group Head Corporate Communications XL Axiata, Tri Wahyuningsih.

Lebih lanjut perempuan yang akrab disapa Ayu ini menuturkan di akhir bulan Maret, penghentian layanan 3G XL Axiata telah mencapai lebih dari 95%. Diharapkan layanan 3G akan resmi dihentikan pada awal April 2022.

Baca juga: Jaringan 5G XL Axiata Jangkau Area MotoGP Mandalika

Adapun proses penghapusan jaringan 3G tetap mengutamakan kenyamanan pelanggan, sehingga mereka tidak merasa terganggu.

“Penghentian telah mempertimbangkan kesiapan ekosistem yang ada, termasuk tingkat penggunaan layanan data dan kesiapan gawai dari sisi pengguna. Kenyamanan pelanggan akan tetap terjaga selama proses realokasi 3G ke 4G,” tutup Ayu.

Kominfo Minta Operator Hapus Layanan 3G

Sebelumnya Kementerian Kominfo meminta para operator seluler baik itu XL Axiata dan operator lainnya untuk mengkaji rencana hapus jaringan atau layanan 3G. Tujuannya, supaya operator dapat menekan biaya operasional mereka.

Diungkapkan oleh Ismail selaku Dirjen SDPPI Kominfo, saat ini operator seluler menggelar layanan 2G hingga 5G menggunakan jaringan pita lebar atau broadband. Hal ini cukup disayangkan karena menimbulkan masalah dari segi biaya operasional.

Jaringan 3G XL Axiata
Dirjen SDPPI Kominfo, Ismail saat diskusi IndoTelko pada 16 Maret 2022

“Ini menimbulkan masalah biaya bagi operator dari sisi jaringan, sumber daya manusia dan juga mempersiapkan ekosistem pendukungnya,” tutur Ismail saat menjadi pembicara di diskusi IndoTelko Forum pada Rabu (16/3/2022).

Oleh karenanya, Kominfo menyarankan agar operator seluler membuat kajian untuk hapus layanan 3G demi mengurangi beban tersebut.

Baca juga: Operator Diminta Hapus Jaringan 3G, Demi Tekan Biaya Operasional

Namun, Ismail mengingatkan bahwa penghapusan layanan 3G harus dilakukan dengan cermat supaya tidak merugikan konsumen.

“Kalau operator mau menghentikan 3G, maka masyarakat harus dijamin layanannya dan terjangkau biayanya. Karena itu perlu kajian lebih dahulu sebelum mematikan 3G,” pintanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0