Wow! Apple Punya Simpanan Uang Rp 3.300 Triliun!

Telset.id, Jakarta – Performa Apple pada kuartal kedua di tahun ini dianggap cukup mengecewakan, karena “hanya” berhasil menjual 50,8 juta unit iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Pencapaian itu bahkan kalah dari pesaing terdekatnya Samsung yang berhasil menjual 55 juta unit. Meski begitu, Apple punya simpanan uang masih sangat banyak.

Semua orang pasti sudah tahu jika Apple merupakan perusahaan raksasa dengan pendapatan yang sangat besar. Tapi tahukah Anda, berapa kira-kira “uang celengan” Apple di Bank?

Seperti dilansir Tim Telset.id dari laman BGR, saat ini Apple disebutkan memiliki cadangan uang lebih dari US$ 250 miliar, atau jika dikonversi ke Rupiah, kira-kira sebanyak Rp 3.335 triliun. Sekedar informasi, uang simpanan Apple tersebut masih jauh lebih banyak jika dibandingkan APBN Indonesia di tahun 2017 yang mencapai Rp 2.080 triliun.

[Baca juga: Hanya Jual 50,8 Juta iPhone 7, Apple Kecewakan Analis Pasar]

“Cadangan uang tersebut lebih besar dari nilai pasar Wal-Mart Stores Inc atau Procter & Gamble Co, dan bahkan melebihi jumlah cadangan mata uang asing dari gabungan Inggris dan Kanada,” klaim Wall Street Journal.

[Baca juga: Pasar Lesu, Apple Tempel Ketat Samsung]

Kabarnya, Apple juga masih menyimpan sebagian besar cadangan uangnya tersebut di luar negeri demi menghindari aturan pajak dari Negeri Paman Sam itu yang mengharuskan perusahaan membayar 35% dari total penghasilan. Jika dikalkulasi, maka sekitar Rp 1.167 triliun dari total penghasilan harus direlakan oleh Apple untuk pemerintah Amerika. (FHP/HBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here