Workshop dari Telkomsel Dukung Kaum Muda Berani Berbisnis

Telset.id, Jakarta – Workshop virtual bertajuk Digital Creative Millennials yang diadakan Telkomsel sukses digelar. Workshop Telkomsel yang diikuti 143 pemilik usaha dan creativepreneur ini digelar untuk mendorong transformasi digital para pengusaha. 

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima tim Telset pada Sabtu (21/11/2020), Digital Creative Millennials adalah salah satu program sosial atau CSR unggulan dari Telkomsel.

Program ini bertujuan untuk memperkuat perannya dalam mendorong kemajuan industri kreatif dan mendukung generasi muda di Indonesia untuk berani berbisnis menggunakan saluran digital.

Workshop virtual ini digelar Telkomsel pada tanggal 19 November 2020 lalu dan diikuti oleh 143 pemilik usaha dan creativepreneur yang hadir.

Menurut VP Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin, workshop ini menjadi wadah untuk memfasilitasi pemilik usaha dan creativepreneur. 

{Baca juga: Hari Sumpah Pemuda, Telkomsel Gelar Digital Creative Millennials}

 “Workshop dari Digital Creative Millennials menjadi sebuah kegiatan interaktif yang mampu memfasilitasi para pemilik usaha untuk mengembangkan potensi bisnisnya berbekal transformasi digital yang diterapkan secara holistis,” kata Denny.  

“Diharapkan, kegiatan ini akan mendorong semakin banyak inovasi yang muncul dari para pelaku industri yang muda, kreatif, dan digital-savvy sehingga berbagai industri di Indonesia dapat terus bergerak maju mengikuti perkembangan terkini,” sambungnya. 

Workshop Telkomsel Digital Creative Millennials

Tema besar yang diangkat dalam workshop ini diturunkan menjadi beberapa topik bahasan, mulai dari ideation concept strategy, business analytics, production planning, selling automation, business advertising, serta webstore development

Dalam mengupas materi-materi tersebut, workshop Digital Creative Millennials menggandeng para creativepreneur dan praktisi ahli. 

Praktisi ahli yang hadir adalah Founder Brodom, Yukka Harlanda, Founder SSDC, Samuel Sabandar, dan Co-Founder Prakasa Triputra Solusi, Adrian Gilrandy. 

Selain itu, ada Digital Marketing for SME Specialist Telkomsel, Laura Mellisa Minnesota serta CEO Prakasa Triputra Solusi, Dipta Imanto.

Pada topik webstore development, Samuel Sabandar menjelaskan pentingnya pengembangan situs dalam mengembangkan bisnis, termasuk untuk beradaptasi terhadap dampak pandemi.

Workshop Telkomsel Digital Creative Millennials
Praktisi profesional memberikan workshop mengenai bisnis digital dalam Telkomsel Digital Creative Millennials (Sumber gambar : Telkomsel)

“Bisnis online di Indonesia akan terus hidup dan berkembang. Secara statistik, Indonesia punya lebih dari 260 juta penduduk, jadi pasar Indonesia itu sangat besar. Orang-orang semakin memanfaatkan platform online dan ini kesempatan bagi UMKM,” katanya.

Sedangkan dalam pembahasan ideation concept strategy, Yukka Harlanda menekankan pentingnya melakukan riset yang dapat mendukung berjalannya ide serta menangkap feedback yang dapat memperbaiki ide tersebut.

{Baca juga: Telkomsel Tancapkan BTS 4G di Perbatasan Indonesia Timor Leste}

“Kita bisa terus maju di situasi seperti ini dengan menyesuaikan produksi yang mampu dimodifikasi secara cepat sesuai feedback dari pelanggan, serta memaksimalkan produksi di dalam negeri,” tutur Yukka.

Di sesi selanjutnya, Adrian Gilrandy dan Dipta Imanto menjelaskan manfaat dari pengelolaan data menggunakan platform berbasis cloud seperti ePTS, sehingga data yang disimpan dan diolah sudah terintegrasi ke berbagai perangkat.

Pada workshop, Adrian menyatakan bahwa UMKM memiliki potensi yang besar, selama bisnis-bisnis ini fokus terhadap core competencies yang dimiliki sehingga produk dan layanan yang diberikan tetap unik dan otentik.

“Satu yang tak kalah penting, pelaku UMKM harus berkolaborasi dengan berbagai pihak agar bisa terus tumbuh besar ke depan,” jelas Andrian.

Sedangkan Dipta menilai UMKM di Indonesia memiliki kreativitas yang luar biasa besar.  Bisnis kreatif di Indonesia punya potensi yang besar untuk bisa menembus pasar internasional melalui strategi penjualan hingga pengolahan data yang tepat.

“Para pelaku UMKM perlu memaksimalkan kegiatannya di dalam negeri untuk memajukan potensi industri dan SDM di Indonesia secara menyeluruh dan berkelanjutan,” tutur Dipta.

Workshop Telkomsel ini merupakan lanjutan webinar dari Digital Creative Millennials yang diadakan pada 28 Oktober lalu. Rangkaian inisiatif dari Digital Creative Millennials untuk tahun 2020 akan terus berlangsung hingga Desember mendatang.

{Baca juga: Gandeng JakTent, Telkomsel Kembali Gelar The NextDev Summit}

Informasi lebih lanjut mengenai program-program Digital Creative Millennials dapat diperoleh di akun Instagram @digitalcreativemillenials dan situs resmi. (NM/MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI