Telset.id – Tokopedia menjadi mitra e-commerce resmi Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2021 yang berlangsung pada 2 – 15 Oktober 2021. Kolaborasi ini menjadi wujud dukungan perusahaan terhadap atlet dan kontingen lainnya, serta UMKM Papua yang menjadi mitra Tokopedia.
Diungkapkan AVP of Business Tokopedia, David Kartono, sebagai perusahaan teknologi Indonesia yang menjadi menjadi mitra e-commerce PON di Papua, Tokopedia #SelaluAdaSelaluBisa mendukung talenta terbaik bangsa, termasuk di bidang olahraga untuk mencapai prestasi yang lebih baik.
“Lewat kolaborasi dengan Panitia Besar PON XX Papua, kami ingin mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk memberi dukungan terhadap para atlet dan kontingen lain yang berlaga di perhelatan olahraga terbesar di Indonesia, tanpa harus keluar rumah,” kata David.
Ia juga berharap, dengan adanya dukungan terhadap berbagai ajang olahraga di Indonesia, termasuk PON Papua 2021, Tokopedia dapat mendorong lebih banyak lagi talenta-talenta terbaik negeri yang berprestasi hingga level dunia.
Baca juga: GoTo Financial Bantu UMKM Bertahan di Masa Pandemi
Hal senada diutas Koordinator Revenue PON XX Papua, Vera Parinussa. Dia berharap perhelatan PON di Papua ini akan menjadi momen kebangkitan dan kolaborasi di antara anak bangsa Indonesia.
“PON XX Papua diharapkan bisa menjadi momen kebangkitan dan kolaborasi masyarakat Indonesia. Kami sangat mengapresiasi dukungan Tokopedia kepada ribuan atlet yang bertanding di ajang ini,” ujar Vera.
Selama PON Papua 2021, sederet program pun dihadirkan Tokopedia demi menumbuhkan optimisme dan semangat kebangsaan lewat olahraga, khususnya di tengah pandemi.
Salah satunya adalah kampanye Sportacular yang dapat membantu masyarakat memperoleh produk kebutuhan olahraga, termasuk produk buatan UMKM Papua.
Di sini masyarakat tidak hanya bisa mendapatkan diskon hingga 80%, ada juga cashback hingga Rp 300.000, giveaway produk olahraga hingga Rp 3 juta, serta berbagai promo Tokopedia menarik lainnya.
“Tren olahraga melesat selama pandemi. Matras senam, pakaian olahraga serta alat olahraga yang dapat digunakan di rumah menjadi produk olahraga paling diburu masyarakat di kategori Olahraga di Tokopedia selama kuartal II 2021,” jelas David.
Baca juga: Gibran Apresiasi Gerakan Bangkit Bersama dari GoTo
Di sisi lain, Tokopedia juga memberikan panggung kepada UMKM lokal, termasuk yang berasal dari Papua. Seperti ‘Belanja Termurah’ milik Marice, pelaku UMKM dari Papua yang turut memanfaatkan ekosistem Tokopedia untuk menjangkau lebih dari 100 juta pengunjung aktif bulanan.
Manfaat yang sama juga dirasakan oleh ‘Kios Mentari’ milik Patria Ismalinda, yang mengalami peningkatan omzet hampir 2x lipat melalui Mitra Tokopedia.
Tokopedia berharap UMKM lokal dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan berkontribusi pada perekonomian digital. [IF/HBS]