telset

Telkomsel dan XL Kelola Layanan 4G di 7.904 Desa di Wilayah 3T

Telset.id, Jakarta – Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI), Kominfo menetapkan XL Axiata dan Telkomsel sebagai Mitra Kerja Sama Operasional (KSO), layanan 4G di wilayah Tertinggal, Terluar, dan Terdepan (3T).

Dirut BAKTI Kominfo Anang Latif menyatakan keduanya akan mengelola penyediaan layanan seluler BTS 4G yang dibangun oleh BAKTI Kominfo di 7.904 desa, atau kelurahan.

“Operator terpilih akan mengelola jaringan yang BAKTI bangun di 7.904. Kami hanya menyiapkan infrastrukturnya, karena urusan frekuensi tentunya yang sudah menjadi milik operator. Jadi itulah kerja sama kami dengan operator,” tutur Anang.

Menurut Anang, BAKTI Kementerian Kominfo memiliki mandat membangun BTS 4G, termasuk dukungan sumberdaya listrik. Namun, untuk layanan operasional yang digunakan masyarakat akan disediakan Telkomsel dan XL.

“Ketika beroperasional nanti sinyalnya muncul Telkomsel atau XL sebagai mitra terpilih, dan yang mengeluarkan ongkosnya BAKTI menggunakan dana dari pembauran pembiyaan,” jelasnya.

Baca juga: Telkomsel Sukseskan PON Papua 2021

Anang menegaskan pemilihan pemenang mitra KSO dilakukan dengan pertimbangan penyedia yang kompeten. Proses pemilihan yang dimulai sejak pertengahan 2021 lalu, dilakukan dengan dasar hukum pelaksanaan KSO.

Dari berbagai operator yang beroperasi, BAKTI menilai bahwa Telkomsel dan XL berkompeten menyediakan layanan seluler 4G berkelanjutan.

Telkomsel dan XL Kelola 7.904 BTS 4G

BTS 4G Telkomsel XL Axiata
Ilustrasi BTS

Dilansir Telset dari laman resmi Kominfo pada Rabu (29/9/2021), total infrastruktur BTS 4G yang akan dikelola Telkomsel dan XL sejumlah 7.904 BTS 4G. Ribuan BTS 4G ini terbagi dalam 9 area paket kerja sama. Berikut ini 9 area paket kerja sama tersebut.

Baca juga: Jaringan 4G XL Axiata Selimuti Kawasan Timur Indonesia

  • Area 1 Sumatera dengan mitra terpilih XL Axiata Tbk
  • Area 2 Nusa Tenggara dengan mitra terpilih Telkomsel
  • Area 3 Kalimantan dengan mitra terpilih Telkomsel
  • Area 4 Sulawesi dengan mitra terpilih Telkomsel
  • Area 5 Maluku dengan mitra terpilih Telkomsel
  • Area 6 wilayah Papua Barat dengan mitra terpilih Telkomsel
  • Area 7 Papua Tengah Barat dengan mitra terpilih Telkomsel
  • Area 8 Papua Tengah Utara dengan mitra terpilih Telkomsel
  • Area 9 wilayah Papua Timur Selatan dengan mitra terpilih Telkomsel.

Semoga kerja sama ini dapat membantu akses informasi masyarakat wilayah 3T. Mereka bisa mendapatkan akses yang sama dengan masyarakat lain, dalam mengakses layanan internet. [NM/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0