telset

Startup Binaan Telkomsel Uji Coba Drone untuk Kirim Bantuan Medis

Telset.id, Jakarta – Salah satu startup binaan Telkomsel, Beehive Drones melakukan uji coba operasional pesawat tanpa awak atau drone untuk kirim bantuan medis. Drone membantu pengiriman obat-obatan dan peralatan medis di daerah terpencil.

Menurut CEO Beehive Drones, Albertus Gian Dessayes wacana drone sebagai solusi sistem logistik sudah dibicarakan beberapa tahun belakangan. Pasalnya drone dapat membantu pengiriman logistik ke daerah atau pulau terpencil.

“Drone adalah jawaban praktis atas permasalahan last-mile delivery. Distribusi konvensional jadi lebih bisa terbantu karena drone memberikan kecepatan waktu antar dan kepraktisan sistem distribusi,” jelas Albertus.

Aktivitas uji coba dilakukan di Sumenep, Madura, Jawa Timur pada akhir Oktober 2021. Pada uji coba tersebut, drone milik Beehive bertugas untuk mengirimkan logistik obat-obatan, dan peralatan medis lainnya untuk masyarakat di pulau terpencil di Sumenep.

Baca juga: Telkomsel Gelar Festival Gaming DG Fest 2021

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima pada Senin (1/11/2021), hasil uji coba berjalan dengan baik, dan drone Beehive berhasil mengirimkan logistik ke pulau tujuan.

Kegiatan uji coba ini dilakukan berkat kerja sama Beehive Drones dengan Telkomsel Innovation Center (Tinc), Departemen Teknik Transportasi Laut ITS, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, serta Pemerintah Kabupaten Sumenep.

Berdasarkan hasil uji coba kemarin Albertus menargetkan dapat mengoperasikan pesawat tanpa awak untuk kebutuhan logistik di semester pertama tahun 2022.

Beehive Drones Startup Binaan Telkomsel 

Beehive Drones merupakan salah satu startup yang tergabung dalam Tinc, sebuah program corporate accelerator Telkomsel. Saat ini Beehive Drones tengah berada pada tahapan akhir menuju commercial release.

Tinc berperan sebagai wadah bagi startup lokal di tahapan pre seed dan seed untuk berkolaborasi bersama Telkomsel membangun commercial solution.

Startup Telkomsel Drone

Startup binaan Tinc memiliki kesempatan untuk dapat mensinergikan bisnisnya dengan ekosistem digital Telkomsel. Untuk Beehive, Telkomsel mengaku bangga dengan pencapaian Beehive yang mampu menerbangkan drone untuk kebutuhan kesehatan.

Baca juga: Kriteria Startup yang Bisa Terima Suntikan Dana Telkomsel

“Kami bangga dapat berkolaborasi dalam innovative project ini. Ke depannya, Telkomsel melalui Tinc akan terus membuka semua peluang untuk berkolaborasi dengan startup Tanah Air,”  kata VP Business Development Telkomsel Jockie Heruseon.

Apalagi selama ini penggunakan teknologi drone untuk pengiriman obat-obat sangat jarang dilakukan, padahal dapat membantu memberikan pelayanan yang merata bagi seluruh masyarakat Indonesia.

“Pemanfaatan teknologi pesawat tanpa awak yang dilakukan bersama Beehive Drones untuk kebutuhan logistik menghadirkan solusi untuk membantu masyarakat di area-area yang sulit terjangkau,” ujar Jockie. [NM/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0