Home NEWS TELKO Telkomsel Siap Luncurkan Layanan 5G Komersial 27 Mei 2021

Telkomsel Siap Luncurkan Layanan 5G Komersial 27 Mei 2021

Telset.id, Jakarta – Indonesia selangkah lagi akan memasuki era 5G. Telkomsel akan menjadi operator pertama di Indonesia yang menggelar layanan 5G secara komersial. Layanan 5G komersial Telkomsel rencananya akan siap meluncur pada Senin, pekan depan.

Telkomsel sudah dinyatakan lolos Uji Layak Operasi (ULO) jaringan 5G yang dilakukan bersama Kementerian Kominfo di beberapa lokasi di Jakarta dan Tangerang.

Seperti diketahui, proses ULO jaringan 5G dilaksanakan dari tanggal 19 – 20 Mei 2021. Lokasi uji operasi dilakukan di beberapa tempat di Jakarta, seperti Kelapa Gading, Pondok Indah, dan Pantai Indah Kapuk (PIK).

Sebagai informasi, proses ULO adalah merupakan persyaratan yang harus dilalului oleh para operator seluler sebelum menggelar layanannya dengan teknologi baru secara komersial.

{Baca juga: Telkomsel Uji Coba 5G di Jakarta dan Tangerang, 8 Kota Menyusul}

Aturan ini tertuang dalam Peraturan Menteri Nomor 1 Tahun 2010 tentang Penyelenggaraan Jaringan Telekomunikasi, operator seluler diharuskan melakukan ULO terlebih dahulu menggelar teknologi terbaru.

Menurut GM External Corporate Communications Telkomsel, Aldin Hasyim bahwa Telkomsel telah dinyatakan lolos proses ULO. Kini tinggal menunggu Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) yang dikeluarkan Kominfo.

“Nanti setelah itu (menerima SKLO), Telkomsel bisa langsung menggelar layanan 5G secara komersial,” ujarnya.

Sementara itu, menurut informasi terbaru yang tim Telset.id dapatkan, Telkomsel rencananya akan meluncurkan layanan 5G secara komersial pada pekan depan, tanggal 27 Mei 2021.

“Insya Allah kita siap meluncurkan layanan 5G secara komersial pada 27 Mei 2021,” kata sumber tersebut kepada Telset.id, Kamis (20/5/2021).

Masih menurut sumber Telset, bahwa SKLO rencananya akan diberikan kepada Telkomsel pada Senin (24/5), dan layanan 5G Telkomsel akan siap diluncurkan secara komersial pada 27 Mei 2021.

Nantinya untuk fase awal layanan 5G komersial akan digelar di beberapa lokasi di Jakarta dan Tangerang, yakni Bumi Serpong Damai (BSD), Alam Sutera, Pantai Indah Kapuk (PIK), Pondok Indah, Kelapa Gading, Widya Chandra, dan SCBD.

“Nanti fase awal layanan 5G Telkomsel secara komersial di BSD, PIK, Pondok Indah, Kelapa Gading, Widya Chandra, dan SCBD,” ungkap dia.

Namun sayangnya ia belum mau menyebutkan kapan layanan 5G komersial Telkomsel akan mulai diimplementasikan secara lebih luas di wilayah Jabodetabek, selain 6 lokasi yang sudah disebutkan tadi.

“Tunggu tanggal mainnya,” begitu katanya, tanpa menyebut kepastian tanggalnya.

Dia juga memastikan bahwa nanti pelanggan Telkomsel tidak perlu mengganti kartu (SIM Card) khusus 5G saat layanan Internet supercepat milik Telkomsel resmi beroperasi secara komersial.

“Info terupdate sih tidak perlu ganti kartu (SIM Card 5G),” tandasnya.

Itu artinya, para pelanggan Telkomsel yang saat ini sudah menggunakan smartphone 5G, bisa langsung menikmati jaringan 5G di perangkat mereka. Tapi dengan syarat, fitur 5G sudah dibuka atau diunlock.

{Baca juga: Telkomsel dan Smartfren Menang Lelang Jaringan 5G}

Sebelumnya, Telkomsel dikabarkan mulai melakukan proses ULO jaringan 5G yang dilaksanakan sejak tanggal 19 Mei hingga 20 Mei 2021. Lokasi uji operasi berada di beberapa tempat di Jakarta seperti Kelapa Gading, Pondok Indah, dan Pantai Indah Kapuk (PIK).

Sedangkan untuk wilayah Tangerang, uji operasi layanan 5G dilakukan di kawasan Bumi Serpong Damai (BSD), dan Alam Sutera.

Selain itu, Telkomsel juga akan menggelar ULO jaringan 5G di beberapa kota lain seperti Batam, Medan, Solo, Bandung, Surabaya, Makassar, Denpasar, dan Balikpapan.

Telkomsel atau Indosat?

Seperti diketahui, saat ini selain Telkomsel, operator seluler lainnya yang juga sedang bersiap menggelar layanan 5G adalah Indosat Ooredoo. Anak usaha dari Ooredoo asal Qatar ini juga diketahui sedang mengajukan proses ULO ke Kementerikan Kominfo.

Senior Vice President Corporate Communications Indosat Ooredoo Steve Saerang mengatakan, saat ini Indosat terus melakukan koordinasi secara intensif dengan Kominfo untuk bisa melakukan proses ULO teknologi 5G.

“Kami sudah submit ULO 5G ke Kominfo,” kata Steve Saerang.

Namun Steve belum bisa memastikan kapan Indosat akan resmi menggelar layanan 5G secara komersial di Indonesia. Menurutnya, jika proses ULO 5G berjalan lancar dan sudah mendapat izin dari pemerintah, Indosat Ooredoo bisa langsung menggelar 5G secara komersial.

{Baca juga: Indosat dan Huawei Indonesia Bangun 5G SRv6, Pertama di Asia Pasifik}

“Kami belum bisa konfirmasi, tapi yang bisa kami sampaikan bahwa saat secara intensif sedang melakukan komunikasi dengan Kominfo,” ujar Steve.

Lalu siapakah diantara kedua operator ini yang nantinya akan menjadi operator pertama yang menggelar layanan 5G secara komersial di Indonesia? Jika melihat proses ULO yang sedang dilakukan, maka Telkomsel kini berada di posisi terdepan untuk menjadi yang pertama.

Pasalnya, Telkomsel sudah menjalani proses ULO bersama Kominfo sejak tanggal 19 Mei kemarin, sedangkan Indosat Ooreddo sendiri baru mengajukan proses ULO ke Kominfo.

Menurut ‘selentingan’ informasi yang didapat tim Telset, bahwa kemungkinan Indosat Ooredoo baru akan menggelar layanan 5G komersial pada 3 – 4 Juni 2021 mendatang. Sementara Telkomsel sendiri rencananya akan meluncurkan 5G komersial pada 27 Mei 2021. [HBS]

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Exit mobile version