TELKO

Telkomsel Bentuk Anak Usaha Baru, Fokus di Ekosistem Digital

Naufal Mamduh
Share

Telset.id, Jakarta – Telkomsel mengumumkan pembentukan anak usaha baru bernama PT Telkomsel Ekosistem Digital. Sesuai namanya anak usaha ini akan berfokus pada pengembangan ekosistem digital di Indonesia.

Melalui keterangan resmi yang diterima pada Rabu (19/1/2022), anak perusahaan akan diposisikan sebagai holding company yang menaungi beberapa anak perusahaan dari emerging portfolio bisnis vertikal Telkomsel di bidang sektor digital.

Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam, menjelaskan kalau pembentukan anak usaha baru juga ditujukan untuk membuka peluang serta mempermudah inovasi pemanfaatan teknologi digital.

Baca juga: Telkomsel Tawarkan Bundling Samsung Galaxy S21 FE

“Telkomsel ingin terus memberikan manfaat kepada masyarakat dengan mengoptimalkan kapabilitas digital trifecta yaitu digital connectivity, digital platform, dan digital service yang dimiliki untuk mendorong perluasan portofolio bisnis di berbagai sektor,” ujar Hendri.

Hendri berharap kalau anak perusahaan baru ini, dapat mendorong potensi digital anak muda melalui kolaborasi bisnis di sektor ekosistem digital.

“Kami berharap PT Telkomsel Ekosistem Digital dapat mendorong lebih banyak solusi karya talenta digital lokal serta membuka peluang kolaborasi bersama para pelaku bisnis dan perusahaan digital terdepan,” ungkap Hendri.

“Sehingga dapat meningkatkan potensi talenta digital anak bangsa, sehingga dapat semakin mematangkan kemandirian digital Indonesia,” tambahnya.

Jajaran Direksi PT Telkomsel Ekosistem Digital

Pada tahap awal, anak usaha akan dipimpin Andi Kristianto sebagai Chief Executive Officer (CEO), Andry Firdiansyah sebagai Chief Financial Officer (CFO) dan Chief Human Resource Officer (CHRO), dan Luthfi K. Arif sebagai Chief Technology Officer (CTO).

PT Telkomsel Ekosistem Digital juga akan segera mengumumkan brand name yang akan digunakan sebagai identitas bisnis. Perusahaan akan fokus pada tiga sektor industri digital, yakni edutech, healthtech dan gaming.

Ketiga lini bisnis tersebut dinilai memiliki potensi besar untuk mendorong perekonomian digital nasional dan akan menjadi bagian dari emerging portofolio bisnis digital Telkomsel.

Baca juga: Natal dan Tahun Baru 2022, Trafik Internet Telkomsel Melonjak 22%

Dalam waktu dekat ini, Telkomsel akan melakukan pemisahan keseluruhan bisnis aplikasi Kuncie dan Fita untuk dialihkan kepada PT Telkomsel Ekosistem Digital. Tujuannya untuk memperkuat penetrasi bisnis vertikal, masing-masing di sektor edutech dan healthtech.

Sedangkan untuk sektor gaming, Telkomsel juga telah mengalihkan kontrak usaha patungan kepada PT Telkomsel Ekosistem Digital untuk mendirikan perusahaan Joint Venture (JV) yang memiliki fokus bisnis sebagai perusahaan publisher game. [NM/HBS]

Leave a Comment