Telset.id, Jakarta – Telkom menghadirkan layanan digital periklanan bernama TADEX atau Tanah Air Digital Exchange. Layanan ini merupakan bentuk dukungan Telkom terhadap Dewan Pers dan industri pers nasional.
TADEX dari Telkom merupakan layanan premium programmatic advertising terbesar di Indonesia. Layanan ini hadir sebagai solusi bagi para pelaku di industri periklanan Indonesia, baik bagi publishers maupun advertisers.
TADEX terbentuk sebagai hasil kolaborasi dua anak perusahaan Telkom Group, yakni Telkomsel dan Metranet bersama dengan Dewan Pers, Task Force Media Sustainability, dan Asosiasi Periklanan.
{Baca juga: Telkom akan Tingkatkan Layanan Streaming Netflix}
Melalui keterangan resmi, Presiden Joko Widodo menyambut baik kolaborasi tersebut, karena berhasil menciptakan inovasi teknologi TADEX.
“Karya anak bangsa ini harus kita dukung dan manfaatkan sebaik-baiknya untuk mendorong ekosistem digital yang inklusif, membangun perikalanan digital yang inovatif dan transparan dengan tetap mengedepankan kualitas penyampaian pesan ke publik,” ujarnya.
“Saya yakin TADEX akan memberikan angin segar karena menawarkan model bisnis periklanan digital berkelanjutan, membuka banyak peluang-peluang baru yang bermanfaat bagi advertiser, publisher, marketer, dan pemangku kepentingan lainnya,” tambah Presiden Jokowi.
Apresiasi yang sama diungkapkan juga oleh Menteri BUMN, Erick Thohir. Menurutnya, peluncuran TADEX dari Telkom adalah momentum bersejarah bagi ekosistem periklanan digital. Pasalnya ini adalah layanan digital premium publisher programmatic pertama di Indonesia.
“Ini momen bersejarah bagi ekosistem periklanan digital. Platform ini merupakan premium publisher programmatic pertama karya anak bangsa yang tidak kalah dengan platform periklanan global lainnya, dimana TADEX hadir dari Indonesia untuk Indonesia,” ungkap Erick.
Keunggulan Telkom TADEX
Menurut Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah, perusahaan telah mencanangkan diri untuk mendukung beragam ekosistem melalui optimalisasi teknologi digital, seperti menghadirkan TADEX untuk mendukung dunia periklanan di Tanah Air.
{Baca juga: Harga Paket Iconnet, Indihome, First Media & Biznet: Murah Mana?}
“Sejalan dengan transformasi untuk menjadi digital telco yang tengah dilakukan Telkom saat ini, TADEX menjadi salah satu wujud peran aktif Telkom dalam membangun dan memajukan dunia periklanan nasional,” tutur Ririek.
Sama halnya dengan pernyataan dari Direktur Utama Telkomsel, Hendri Mulya Syam. Layanan digital periklanan TADEX dapat membantu pelaku industri media supaya dapat meningkatkan bisnisnya.
“TADEX adalah kolaborasi Telkomsel dan Metranet yang di inisiasi oleh TelkomGroup untuk membantu pelaku industri media dan periklanan di Indonesia agar dapat terus berkembang melalui solusi digital ini,” jelas Hendri.
Sebagai layanan premium programmatic periklanan, Telkom TADEX memiliki tiga fitur yang menjadi unggulan.
Pertama, TADEX terhubung dengan sistem big data analytics milik Telkom Group, sehingga iklan yang ditayangkan akan lebih efektif dan tepat sasaran sesuai dengan target segmen yang diinginkan oleh pengguna atau pengiklan.
{Baca juga: Telkom Punya Super Komputer Nvidia DGX A100, Pertama di Indonesia}
Kedua, TADEX menawarkan beragam kategori media penyaluran iklan digital, mulai dari SMS, MMS, aplikasi, hingga situs web dari para publisher terpercaya. Dengan saluran media yang beragam tersebut dapat menjangkau sebanyak mungkin pelanggan atau penerima iklan.
Terakhir, TADEX memungkinkan penggunanya untuk melakukan personalisasi iklan secara luas untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pemasangan iklan, serta menjalankan programmatic ads melalui publisher yang terpercaya.
{Baca juga: MDI Ventures Telkom Dukung Startup Teknologi Lewat Arise Fund}
Hal ini menjadikan pemasangan iklan menjadi lebih tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan pengguna atau pengiklan.
Pengembangan TADEX oleh Telkom sendiri berdasarkan pada empat tolok ukur, yakni scalability, impact, quality, dan data. (NM/MF)