Trafik Bakal Naik 17,6%, Ini Strategi Telkomsel Hadapi NARU 2022

Telset.id, Jakarta – Telkomsel bersiap menghadapi lonjakan trafik di momen Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (NARU). Perusahaan memprediksi bakal terjadi lonjakan trafik, sehingga mereka telah menyiapkan strategi untuk tetap memberikan layanan yang prima selama momen NARU 2022 ini.

Telkomsel menggelar program Telkomsel Siaga untuk menyambut momen NARU 2022. Dalam program tersebut, Telkomsel memastikan kesiapan dukungan infrastruktur konektivitas dan layanan digital terdepan.

Direktur Network Telkomsel Nugroho menuturkan kalau Telkomsel sebagai digital society enabler secara konsisten terus membuka lebih banyak potensi kemajuan bagi pelanggan untuk mendapatkan pengalaman terbaik.

“Kami terus berupaya menunjang kenyamanan aktivitas telekomunikasi dan digital dengan menyiapkan kapabilitas dan keunggulan teknologi jaringan broadband terdepan, melalui penyediaan kualitas, kapasitas, dan cakupan jaringan yang merata dan setara hingga pelosok negeri,” ujar Nugroho.

BACA JUGA: 

Selama momen perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, Telkomsel memproyeksikan akan ada lonjakan trafik layanan data atau payload sebesar 17,6% dibandingkan dengan rata-rata hari biasa.

Sementara total payload diperkirakan mencapai 52,5 petabyte atau tumbuh 19,1% apabila dibandingkan dengan periode NARU tahun sebelumnya.

“Proyeksi pertumbuhan layanan data tersebut diperkirakan akan didorong oleh lonjakan pada sejumlah pemanfaatan akses layanan berbasis digital,” ungkap Nugroho dalam konferensi pers di Telkomsel Smart Office Jakarta pada Senin (19/12/2022).

Misalnya saja layanan media sosial yang diprediksi tumbuh sekira 31,7%, layanan komunikasi seperti instant messaging dan video conference yang melonjak 27,8%, dan layanan streaming video meningkat sekitar 29,4%.

Kemudian, layanan mobile gaming bakal tumbuh hingga 18,6%, akses browsing naik 24,1% dan akses layanan e-commerce tumbuh 35%. Di sisi lain, Telkomsel memperkirakan trafik pada layanan SMS akan meningkat sebesar 7,9% dan layanan panggilan suara akan turun 3%.

Telkomsel Hadapi Lonjakan Trafik di NARU 2022 

Dalam mengantisipasi lonjakan trafik telekomunikasi tersebut, Telkomsel telah menyusun strategi supaya jaringan Telkomsel tetap maksimal.

Misalnya saja Telkomsel telah melakukan sejumlah optimalisasi kapasitas dan kualitas jaringan di 493 titik wilayah prioritas di seluruh Indonesia, yang berpotensi mengalami pertumbuhan trafik telekomunikasi secara signifikan.

Fokus wilayah prioritas tersebut mencakup 363 area spesial seperti alun-alun dan pusat perbelanjaan, 59 titik pemberangkatan transportasi umum, 21 titik jalur utama mudik, 47 area residensial, 1 rumah sakit pusat penanganan COVID-19, dan 2 tempat ibadah.

Trafik Telkomsel Natal Tahun Baru 2023 NARU 2022
Pemaparan terkait prediksi lonjakan trafik Telkomsel di NARU 2022

Telkomsel juga telah mengintegrasikan hingga 25.000 unit BTS 4G/LTE baru, menyiagakan tambahan 61 unit Compact Mobile BTS (COMBAT), dan meningkatkan kapasitas internet gateway hingga 9,212 Gbps.

BACA JUGA: 

“Di samping itu, Telkomsel pun melakukan optimalisasi network coverage pada lebih dari 196.000 BTS 4G se-Indonesia dan melaksanakan pemantauan 24 jam secara virtual,” sambung Nugroho.

Terakhir Nugroho mengucapkan selama Hari Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 kepada pelanggan Telkomsel di seluruh Indonesia.

“Telkomsel mengucapkan selamat memperingati hari Natal bagi masyarakat yang merayakan dan selamat menyambut Tahun Baru dengan penuh optimisme untuk kita semua,” tutupnya. [NM/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI