Startup AI Lokal Kata.ai Dapat Investasi Rp 46,7 Miliar

Tim Kata.ai (kata.ai)

Telset.id, Jakarta – Salah satu startup berbasis Artificial Intelligence (AI) Kata.ai baru saja mendapatkan pendanaan seri A seniah USD 3,5 juta, atau sekitar Rp 46,7 miliar. Investasi ini dipimpin oleh Trans-Pacific Technology Fund (TPTF), sebuah lembaga investasi yang berasal dari Taiwan.

Selain TPFT, beberapa pihak lain seperti VC milik Telkom Group MDI Ventures, Access Ventures, Convergence Ventures, VPG Asia, Red Sails Investment, serta angel investor Eddy Chan ikut dalam pendanaan seri A tersebut.

Mengutip dari laman e27, dana ini akan digunakan oleh Kata.ai untuk menhembangan bisnis mereka di dalam hingga ke luar negeri. Mulai dari Asia Tenggara hingga Taiwan akan coba dijajahi oleh mereka.

Untuk melakukan hal tersebut, TPTF menempatkan Barry Lee sebagai salah satu anggota dewan direksi di Kata.ai. Hal ini dianggap penting, apa lagi untuk menembus pasar internasional.

“Aplikasi AI di Indonesia yang ekonominya tumbuh pesat sangat luas. Platform Natural Language Processing (NLP) milik Kata.ai memberikan pebisnis kemampuan untuk berinteraksi dengan pelanggan secara efisien, terutama dalam kultur yang senang ngobrol,” ujar Lee.

Sebagai informasi, Kata.ai merupakan hasil transformasi dari salah satu aplikasi yang bernama Yes Bos. Saat ini, caht bot dari startup ini sudah digunakan di beberapa perusahaan, seperti Line, Telkomsel, Unilever, dan beberapa perusahaan lainnya. [NC/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here