telset

Spotify Kehilangan Rp 26,6 Triliun, Kenapa?

Telset.id, Jakarta – Dari sisi jumlah pengguna, tahun ini Spotify seperti tak tertahankan oleh para pesaingnya. Layanan musik streaming ini sudah mengantongi pengguna hingga menyentuh angka 140 juta. Hasil tersebut meningkat setidaknya 40 juta pengguna jika dibandingkan pencapaian tahun lalu yang ‘hanya’ meraih 100 juta pengguna.

Pencapaian itu semakin meninggalkan jauh pesaing terdekatnya yakni Apple Music yang hanya memiliki 27 juta pengguna (per bulan ini). Tak cuma itu saja, perusahaan tersebut juga berhasil meraup pendapatan sebesar $3,3 miliar atau sekitar Rp 43,8 triliun.

[Baca juga: Setahun di Indonesia, Spotify Sudah “Putarkan” 3,9 Miliar Lagu]

Tapi sayangnya, dibalik pendapatan yang besar itu, Spotify harus merelakan USD 2 miliar atau sekitar Rp 26,6 triliun untuk diberikan pada label rekaman sebagai pembayaran minimum. Memang pengeluaran yang besar, namun hal itu juga dilakukan demi “melanjutkan hidup” Spotify sendiri.

Pencapaian yang diraih oleh layanan musik ini tak lepas dengan layanan gratis tak terbatas yang ditawarkan. Namun meski gratis, penggunanya tidak bisa mendengarkan musik secara offline dan akan sedikit “diganggu” oleh hadirnya iklan. (FHP/HBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0