Jack Ma Kucurkan Rp 20 Triliun ke Grab?

Telset.id, Jakarta – Pendiri sekaligus bos dari Alibaba, Jack Ma dikabarkan akan segera menyuntikkan dana segar kepada penyedia layanan ride sharing, Grab. Tak tanggung-tanggung, dia sudah mempersiapkan dana hingga USD 1,5 miliar atau sekitar Rp 20 triliun.

Sebenarnya, hal ini bukan sesuatu yang mengejutkan, karena kabar mengenai rencana Jack Ma yang akan memberikan dana kepada Grab ini sudah terendus sejak beberapa bulan yang lalu.

Melansir dari laman Bloomerg, alasan utama dari Jack Ma mau menanamkan investasi di Grab adalah untuk memperluas penetrasi layanan dompet digital, Alipay. Pasalnya saat ini, Aibaba sedang berlomba dengan Tencent untuk menambah jaringan pembayaran digital mereka.

Sementara alasan Jack Ma memilih Grab dikarenakan layanan mereka saat ini sudah mencakup Asia Tenggara. Tentunya hal ini akan menguntungkan pihak Alibaba dikarenakan mereka dapat mengintegrasikan layanan Alipay kedalam sistem GrabPay.

Sedangkan Tencent sendiri beberapa waktu yang lalu dikabarkan sudah menggandeng layanan ride sharing asal Indonesia, yakni Go-Jek untuk melakukan kolaborasi pembayaran melalui Go-Pay.

Pihak Tencent sendiri dikabarkan akan mengucurkan dana sekitar Rp 16 triliun kepada pihak Go-jek. Namun sayang, baik dari pihak Alibaba, Grab, Tencent, maupun Go-Jek sendiri masih enggan untuk memberikan komentar. [NC/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here