Cisco: Ledakan Konsumsi Video Online Terjadi 4 Tahun Lagi

Telset.id, Jakarta – Setiap tahunnya, konsumsi masyarakat dunia terhadap konsumsi video online terus meningkat. Bahkan menurut Cisco, penggunaan internet setiap harinya hampir didominasi oleh pengakses video online.

Melansir dari laman Recode, perusahaan yang bergerak di bidang perangkat jaringan telekomunikasi ini catat, sepanjang 2016 lalu, trafik video dari keseluruhan penggunaan internet mencapai 73 persen.

Bahkan Cisco memprediksi, bahwa empat tahun dari sekarang atau pada tahun 2021 nanti akan terjadi ledakan konsumsi video online. Tak tanggung-tanggung, Cisco juga memperkirakan sekitar 82 persen pengguna internet akan mengakses video online.

Selain itu Cisco juga menyebutkan bahwa kedepannya para pengguna TV berlangganan akan mulai beralih ke layanan on-demand. Diperkirakan akan ada peningkatkan penggunaan trafik hingga dua kali lipat jika dibandingkan dengan pengguna TV berlangganan.

Jika bicara platform, permintaan akan banyak datang dari penyedia jasa on demand seperti Netflix, Amazon Prime Video, dan lainnya. Di sisi lain, permintaan live video dari YouTube, Facebook, dan platform lain pun akan meningkat.

 

Cisco memprediksi pada 2021 untuk konsumsi data live video akan tumbuh hingga 25 exabytes (setara 25 miliar gigabytes) atau 13 persen dari keseluruhan trafik data video di internet.

Angka ini tentunya jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan tahun 2016 yang hanya mencapai 6 exabytes, atau 3 persen dari total trafik data video pada tahun lalu. [NC/HBS]

SourceRe Code

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI