Saran MASTEL Supaya Indonesia Menjadi Digital Hub Asia

Telset.id, Jakarta – Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini Indonesia berpotensi menjadi Digital Hub Asia. Akan tetapi Masyarakat Telekomunikasi Indonesia (MASTEL), memberikan sejumlah saran supaya mimpi tersebut bisa terwujud.

Menurut Wakil Ketua Bidang Infrastruktur Telematika Nasional MASTEL, Bambang Prihantono terdapat sejumlah pekerjaan rumah yang harus diselesaikan supaya Indonesia menjadi Digital Hub Asia.

Pertama dari segi Sumber Daya Manusia (SDM). Pemerintah dan stakeholder terkait harus meningkatkan kualitas SDM Indonesia khususnya di bidang digital. Alasannya supaya masyarakat Indonesia tidak hanya menjadi penonton, tetapi juga terlibat dalam pengembangan industri digital di Tanah Air.

“Haru ada peningkatan kualitas karyawan di luar peningkatan infrastruktur. Jangan sampai perusahaan-perusahaan luar negeri yang menikmati potensi Digital Hub Asia ini, dan bukan dari SDM Indonesia,” ujar Bambang dalam diskusi IndoTelko Forum pada Rabu (06/12/2023).

BACA JUGA: 

Kedua Bambang menyarankan supaya perusahaan Indonesia banyak berkolaborasi dengan perusahaan teknologi global. Dengan begitu akan timbul simbiosis yang menguntungkan antara perusahaan lokal dan luar negeri baik dari segi pengembangan bisnis atau SDM.

“Jadikan Indonesia sebagai hub device network hingga platform serta aplikasi. Lakukan percepatan implementasi dengan standar kualitas dan best practice global,” tutur Bambang.

Ketiga dari segi regulasi yang mana Pemerintah Indonesia harus menyusun regulasi yang adil dan baik untuk semua kalangan. Serta pemberian insentif untuk mendukung iklim bisnis yang lebih sehat.

“Regulasi yang menguntungkan serta insentif dari Pemerintah Indonesia merupakan sesuatu yang dibutuhkan bagi pelaku industri,” sambung Bambang.

BACA JUGA: 

Sementara itu menurut Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI), Ririek Adriansyah perlu kerja sama dari berbagai pihak supaya Indonesia benar-benar bisa menjadi Digital Hub Asia.

“Diperlukan usaha yang sungguh-sungguh serta dukungan dan kolaborasi dari berbagai pemangku kepentingan khususnya pemerintah yaitu berupa kebijakan atau insentif yang dapat mendorong pertumbuhan industri telekomunikasi,” tutup Ririek.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI