Samsung vs Apple, Siapa Penguasa Pasar Smartphone?

Telset.id, Jakarta – Samsung dan Apple masih menjadi penguasa pasar smartphone. Ada beberapa “gangguan kecil” dari para pemain China seperti Xiaomi dan Huawei, tapi gangguannya belum mampu menggoyang posisi kedua raksasa tersebut.

Meski banyak sekali pemain baru dari China, namun dua nama tersebut (Huawei dan Xiaomi) yang paling berpotensi mengancam posisi Samsung dan Apple. Huawei bahkan sesumbar akan mampu menyalip Apple sebagai vendor smartphone terbesar kedua pada tahun 2020.

Di luar pemain-pemain lama tersebut, muncul nama Google yang dikabarkan juga akan ikut terjun memanaskan persaingan dengan berencana merilis smartphone buatan sendiri. Tentunya Samsung harus waspada, karena Google tak akan tinggal diam melihat Samsung terus berkuasa dengan Android.

Untuk melihat update pangsa pasar smartphone saat ini, Kantar Worldpanel baru saja merilis laporan terbarunya tentang posisi pangsa pasar smartphone dalam tiga bulan terakhir hingga Mei 2016.

Dimulai dari Amerika Serikat (AS) yang menjadi salah satu pasar terbesar masih dikuasai Samsung dengan 37% pangsa pasar. Hal ini tentu saja cukup ironis, karena AS adalah kandang Apple, yang harus puas di posisi kedua dengan pangsa pasar sebesar 29%.

Namun jika dilihat dari penjualan flagship andalan mereka, sebenarnya tidak terpaut jauh. Galaxy S7/S7 edge menyumbang 16% dari penjualan Samsung di AS, sementara iPhone 6s/6s Plus pada angka 14,6%.

[Baca juga: Banyak Pengguna Samsung di AS yang Hijrah ke iPhone]

Sementara di Inggris, persaingan antara Samsung dan Apple juga terjadi lebih ketat. Kantar mencatat, tiga dari empat smartphone yang dijual adalah perangkat Samsung dan Apple, dimana kedua vendor ini berbagai pasar sebesar 36%. iPhone 5s dan 6s sebagai perangkat dua terlaris di tiga bulan terakhir, diikuti oleh Samsung Galaxy J5, dan iPhone SE.

Menariknya, baik di pasar AS dan Inggris, Samsung dan Apple mengusai 10 besar daftar smartphone yang paling banyak terjual. Sementara merek-merek tenar lain seperti LG (di AS) dan Sony (di Inggris) baru terlihat di posisi 20 besar.

Sementara China yang merupakan pasar smartphone terbesar di dunia, Samsung masih mempertahankan posisinya sebagai merek teratas di daerah perkotaan. Namun jika melihat pasar China keseluruhan, Xiaomi muncul sebagai pemimpin di kandangnya sendiri. Sementara Apple dan Huawei terus menguntit secara ketat.

Kantar menyebutkan pertumbuhan pasar di negara-negara berkembang melambat, namun hanya India yang mengalami pertumbuhan hingga dua digit. Di pasar India, Samsung bersaing ketat dengan Micromax dan Xiaomi, meskipun saat ini tetap menjadi merek teratas.[HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI