Pokemon Go Raup Rp 20 Miliar Per Hari dari Pengguna iOS

Telset.id, Jakarta – Pokemon Go benar-benar menjadi game fenomenal. Hanya dalam waktu sepekan, game ini telah menyandang predikat sebagai game paling populer sejagat. Tak hanya itu, game augmented reality ini juga mencatat pendapatan dalam jumlah yang sangat fantastis. Disebutkan, Pokemon Go raup Rp 20 Miliar per hari dari pengguna iOS

Menurut firma analisis Sensor Tower, pendapatan Pokemon Go versi iOS hanya untuk di kawasan Amerika Serikat saja mencapai total USD 1,6 juta atau setara Rp 20,8 miliar per hari. Pendapatan itu berasal dari pembelian item dalam game seperti Pokeballs dan lucky eggs.

Sementara App Annie memperkirakan pendapatan Pokemon Go mencapai USD 14,04 juta atau di kisaran Rp 183 miliar. Pencapaian tersebut telah mengungguli catatan yang pernah diraih game Pokemon sebelumya yakni Shuffle Mobile, yang membutuhkan waktu hampir setahun untuk bisa meraup pemasukan USD 14,03 juta.

[Baca juga: Gara-gara Pokemon, Reporter TV Menyela Siaran Berita]

Sementara Pokemon Go hanya membutuhkan waktu sekitar sepekan untuk meraih USD 14,04 juta. App Annie yakin Pokemon Go akan mampu meraup pemasukan sebesar USD 1 miliar atau setara Rp 13 triliun setelah setahun dirilis.

Sedangkan analis AppsFlyer mencatat bahwa secara umum, hanya sekitar 5% pengguna yang mau membeli item di dalam game. Meski begitu, pengguna yang melakukan pembelian bisa menghabiskan uang hingga USD 9,6 atau sekitar Rp 130 ribu per bulan.

Disebutkan, bahwa pengguna iOS rata-rata mengeluarkan uang sebesar USD 15,34 atau sekitar Rp 200 ribu per bulan untuk bermain game di iPhone atau iPad. Sementara pengguna Android kurang dari separuhnya, yaitu sebesar USD 7,31 atau sekitar Rp 95 ribu saja per bulan.

Pendapatan dari Pokemon Go dipercaya masih akan terus bertambah karena saat ini game tersebut baru dirilis di tiga negara, yakni Amerika Serikat, Australia dan Selandia Baru. Hampir dapat dipastikan, pendapatan Pokemon Go akan semakin melambung saat akan dirilis secara global.

[Baca juga: Minggu Ini Pokemon Go Rilis di Asia, Termasuk Indonesia]

Hebatnya, tak hanya mencatat rekor dari sisi pendapatan, Pokemon Go juga sukses membuahkan sejumlah rekor baru di Apple App Store. Game buatan Nintendo dan Niantic ini menjadi aplikasi gratis paling banyak diunduh di Amerika Serikat, hanya dalam waktu 4,5 jam setelah diluncurkan. Ini merupakan rekor untuk aplikasi kategori game.

Pokemon Go juga menjadi aplikasi tercepat yang mencetak rekor pendapatan terbesar, yaitu hanya dalam waktu 14 jam saja. Sebagai perbandingan, game laris Clash Royale butuh waktu 57 jam untuk memegang rekor, sementara game laris lainnya seperti Mobile Strike, MADDEN NFL Mobile dan Game of War – Fire Age malah membutuhkan waktu yang lebih lama hingga ribuan bahkan puluhan ribu jam.

[Baca juga: Pokemon Go Sukses, Saham Nintendo Meroket]

Semua rekor pencapaian yang fantastis ini pasti masih akan bertambah, karena data yang dibeberkan tadi baru dari platform iOS, sementara data yang memperlihatkan pendapatan dari Android belum ada. Selain itu, Pokemon Go juga belum dirilis secara global. Bisa Anda bayangkan bagaimana nanti jika game ini sudah dirilis resmi secara global. [HBS]

SourceQZ

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI