Rompi Ini Dapat Bantu Penyandang Stroke Berjalan

Telset.id, Jakarta – Selama ini pasien penyakit stroke harus duduk di kursi roda dan memerlukan bantuan orang lain untuk berpindah tempat. Namun kini sekelompok ilmuan dari Brain Mind Institute berhasil menciptakan sebuah jaket pintar untuk membantu penyandang stroke kembali bisa berjalan, tanpa menggunakan kursi roda.

Cara kerja dari jaket pintar ini adalah dengan menggantungkannya dengan tali di atas atap. Dengan Artificial Intelligence (AI) yang disematkan dalam jaket ini, sang jaket dapat secara otomatis melakukan penyesuaian tali sesuai dengan keadaan si pengguna.

“Pasien yang tidak dapat berjalan tanpa bantuan (nonambulatory) dapat berjalan secara alami dengan memanfaatkannya, sedangkan pasien rawat jalan menunjukkan peningkatan penggerak terampil seperti keseimbangan, koordinasi ekstremitas, penempatan kaki, dan kemudi,” ujar para peneliti, seperti tim Telset.id kutip dari laman Ubergizmo.

Dengan melakukan ini, sang pasien yang menggunakan jaket pintar ini selama melakukan terapi akan mendapatkan muscle memory mereka kembali. Hal tersebut hilang dari bagian otak saat seseorang mendapatkan serangan stroke.

Selain itu, alat ini juga membantu mendapatkan masa otot yang disebabkan oleh jarangnya otot digunakan karena terlalu banyak terbaring atau duduk. Hal ini juga dapat menyebabkan masalah.

Dengan hadirnya alat ini di rumah sakit atau pusat rehabilitasi penyakit stroke, para peneliti berharap semakin banyak pasien yang mendapatkan kembali kemampuan mereka untuk berjalan. [NC/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here