Penjualan Samsung Anjlok di Tiongkok

Telset.id, Jakarta – China sudah terkenal sebagai pasar ponsel pintar terkeras di dunia. Hal ini ditunjukkan dengan beberapa produsen kelas atas, seperti Apple dan Samsung yang harus berjuang melawan produk lokal yang kian lama kian mendapatkan perhatian.

Seperti dikutip dari laman Phonearena, firma peneliti pasar Counterpoint Technology melaporkan bahwa dalam kuartal pertama 2017 ini, Samsung harus mengalami penurunan pengapalan. Tak tanggung-tanggung, Samsung dikabarkan mengalami penurunan pengapalan hingga 60 persen jika dibandingkan dengan tahun lalu.

Untuk jumlah unit pengapalan sendiri, Samsung dilaporkan mampu mengapalkan 3,5 juta unit di kuartal pertama ini. Oleh karena itu, Samsung harus rela kehilangan market share mereka hingga ke angka 3,3 persen.

Tentunya, ada beberapa faktor utama dari turunnya penjualan Samsung. Salah satunya terkait dengan kepuasan para penggunanya.

“Ponsel pintar Samsung lebih mahal, hanya tersedia di toko offline, dan kurangnya dukungan aplikasi lokal. Samsung harus tau cara memuaskan pelanggan di Tiongkok,” ujar Kepala Peneliti Ekonomi dan Keuangan China Jeon Byeong-seo.

Selain itu, pasar Tiongkok kini mulai didominasi oleh produk-produk lokal seperti Huawei, Xiaomi, Oppo, Vivo, dan lainnya. Bahkan vendor-vendor tersebut juga mulai menunjukkan taringnya di kancah internasional. [NC]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here