Indonesia ‘Darurat’ SDM TI Berkualitas

Diskusi iCIO Comunity (telset.id | nur chandra)

Telset.id – Di tengah cepatnya perkembangan industri berbasis Teknologi Informatika (TI) dunia, Indonesia sedang dihadapkan permasalahan besar. Secara umum, ada lima tantangan yang harus dihadapi oleh Indonesia, salah satunya adalah kekurangan SDM berkualitas di bidang TI.

Menurut salah satu platform pencari pekerja Hired Today, saat ini Indonesia sangat kekurangan SDM yang berkualitas dalam bidang TI. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya permintaan perusahaan yang mencari talenta TI untuk dipekerjakan oleh mereka.

“Saat ini di Hired Today saja, setidaknya dalam satu bulan ada 1.000 permintaan untuk mencari talenta SDM TI berkualitas. Jadi secara kotor bisa disimpulkan, dalam satu tahun kita kekurangan 12 ribu talenta SDM TI untuk bekerja di perusahaan,” ujar CEO Hired Today Frans Dirgantoro dalam acara diskusi Closing the Digital Talent Gap : Preparting For a Future Indonesia yang diadakan di gedung Kominfo, Selasa 9 Mei 2017.

Menanggapi hal tersebut, CEO Line Indonesia Ongki Kurniawan mengatakan bahwa calon-calon talenta ini seharusnya tidak hanya digodok pada saat perkuliahan saja.

Namun untuk menciptakan SDM yang berkualitas, para perusahaan yang menjadi magnet talent bagi SDM TI diharap membantu untuk memberikan edukasi untuk meningkatkan kualitas SDM di bidang TI.

“Saya kira para perusahaan harus sabar dalam mencari talenta TI yang berkualitas. Sebagai contoh ada sebuah perusahaan IT yang dengan sabar mendidik SDM TI hingga mereka bisa mendapatkan SDM yang berkualitas,” jelas Ongki.

Senada dengan Ongki, dua peserta diskusi lainnya yakni Ketua Departemen Teknik Elektro UI Gunawan Wibisono dan Wakil Rektor Binus bidang Global Employability & Enterpreneurship Idris Gautama So juga mentakan perusahaan tidak bisa mengandalkan universitas saja untuk mendapatkan talenta SDM berkualitas.

“Kami berharap para pelaku industri TI turur aktif dalam memberikan pelatihan untuk meningkatkan kualitas SDM di bidang TI,” harap Idris.

Dengan adanya sinergi yang terjadi antara pelaku industri dengan berbagai pihak, maka diharap status Indonsesia yang kekurangan tenaga TI ahli akan dapat teratasi. [NC]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here