Peneliti: Apple Watch Bisa Mendeteksi Penyakit Jantung

Telset.id, Jakarta – Tak dapat dipungkiri, Apple Watch merupakan salah satu jam tangan pintar paling canggih yang ada di pasaran saat ini. Bahkan menurut penelitian, fitur pendeteksi tubuh yang ada di smartwatch besutan Apple itu bisa mendeteksi penyakit jantung.

Menurut kelompok tim peneliti dari pengembang aplikasi Cardiogram bersama Universitas California, San Francisco (UCSF) mengatakan, fitur pendeteksi kesehatan yang ada di Apple Watch tidak hanya bisa digunakan untuk memantau keadaan tubuh penggunanya saja, tapi juga dapat mendeteksi kelainan jantung.

Dikutip dari laman Cnet, para peneliti tersebut mengaku bahwa hal ini bisa dicapai dengan menggunakan aplikasi milik mereka, dengan serangkaian algoritma khusus yang dapat mengindikasi terjadinya atrial fibrillation (AF), atau kelainan dari jantung.

Tak tanggung-tanggung, mereka mengklaim bahwa tingkat akurasi dari aplikasi ini jika digabungkan dengan Apple Watch sangatlah tinggi. Setidaknya akurasi yang dapat diambil dari data ini akurat hingga 97 persen.

“Namun meskipun perangkat moblie tidak akan dapat menggantikan peralatan medik sungguhan, namun paling tidak perangkat ini memiliki potensi untuk membaca adanya kelainan jantung dan gejala dari AF,” ujar  Direktur Penelitian Klinis untuk Divisi Kardiologi di UCSF Gregory M. Marcus.

Namun hingga pernyataan ini dirilis, pihak Apple masih belum memberikan komentarnya. Yah, kita harap saja teknologi ini bisa diadaptasi oleh Apple sehingga para penggunanya dapat mendapat deteksi dini terhadap penyakit berbahaya tersebut bukan? [NC/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here