Pasar Ponsel dan Internet di Amerika Capai Titik Jenuh?

Telset.id, Jakarta – Tak diragukan lagi, Amerika Serikat (AS) merupakan salah satu pusat perkembangan teknologi, sekaligus juga menjadi pasar terbesar di dunia. Namun rupanya Negara Adidaya tersebut disebutkan telah mencapai titik jenuh untuk pasar ponsel dan Internet.

Amerika Serikat menjadi negara ekonomi terbesar kedua di dunia. AS juga sempat menjadi pasar ponsel dan internet terbesar sejagat, sebelum dilibas China.

Namun beberapa tahun terakhir ternyata pasar ponsel dan internet di AS sudah mencapai puncaknya alias tidak ada penambahan, bahkan cenderung ada penurunan. Apakah ini mengindikasikan adanya titik jenuh?

Penelitian terbaru Pew Research Center, yang dilansir Engadget, Senin (1/10/2018), menunjukkan adopsi teknologi kategori utama hampir tidak ada bedanya sejak studi terakhir mereka pada 2016.

Dalam hal ini, sekitar 95 persen dari warga Amerika usia 18-49 tahun memiliki ponsel sendiri dan 89 persen dari rentang usia tersebut memiliki akses internet.

Baca juga: Unik! Ponsel Model Jadul Ini Bisa WhatsApp dan YouTube

Studi ini juga mengungkapkan fakta tidak semua orang Amerika memiliki smartphone, karena hanya mencatat angka 77 persen. Selain itu hanya 69 persen warga rentang usia produktif tersebut yang menggunakan jejaring sosial.

Angka kepemilikan komputer bahkan tercatat menurun 5 persen, dari sebelumnya 78 persen pada 2016 menjadi 73 persen pada tahun ini. Hasil studi ini bisa memberikan kesimpulan bahwa pasar ponsel dan internet di Amerika telah memasuki titik jenuh. Lalu apa penyebabnya?

Agak mirip dengan kondisi di Indonesia, ternyata faktor yang paling memengaruhi penyerapan pasar adalah kondisi ekonomi. Tak semua warga Amerika memiliki uang yang cukup untuk sering gonta-ganti gadget model anyar atau bahkan untuk berlangganan internet di kediaman mereka.

Hasil survei 2015 lalu mengungkapkan 43 persen warga Amerika tidak memiliki akses internet cepat di rumah atau apartemen mereka dengan alasan keterbatasan biaya. Di pedesaan juga masih banyak tempat tidak terjangkau jaringan internet karena berbagai faktor.

Baca juga: iPhone Dominasi Pangsa Pasar Ponsel Global

Seperti misalnya para lansia di AS banyak yang tidak nyaman menggunakan teknologi, termasuk smartphone dan internet.

Walaupun ada titik jenuh, tetapi data survei mengungkapkan ada geliat pasar pengguna internet smartphone dari 12 persen pada 2016 menjadi 20 persen pada tahun ini.

Kenaikan ini bisa menunjukkan peluang pasar generasi muda alias milenial di Amerika yang semakin haus teknologi dan internet. [WS/HBS]

Sumber: Engadget

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here