iPhone Dominasi Pangsa Pasar Ponsel Global

Telset.id, Jakarta – Laporan terbaru yang dirilis Counterpoint Research menyebut, Apple menyumbangkan pangsa terbesar untuk laba industri ponsel selama April sampai Juni 2018.

Menurut Counterpoint, Apple memperoleh 62 persen laba pada kuartal kedua berkat penjualan ponsel. Samsung berada di posisi kedua dengan perolehan 17 persen pada kuartal yang sama.

Dengan kata lain, menurut Phone Arena,  laba penjualan iPhone yang didapatkan oleh Apple pada kuartal dua tahun ini mencapai 3,6 kali lipat dibanding perolehan Samsung. Samsung tercatat mengalami penurunan profit pada kuartal kedua selama tiga tahun terakhir. Huawei berada di posisi ketiga, disusul Oppo (lima persen), Vivo (empat persen), dan Xiaomi (tiga persen).

Baca juga: iPhone X Laku 63 Juta Unit di Seluruh Dunia

Masih menurut Counterpoint, penyusutan laba Samsung pada kuartal kedua disebabkan pengiriman ponsel yang anjlok hingga 21 persen. Pengiriman Galaxy S9 menyusut 24 persen dibanding pengiriman Galaxy S8 pada kuartal sama 2017.

Statistik Counterpoint lainnya menunjukkan dominasi Apple di pasar ponsel premium. Selama kuartal kedua, iPhone menyumbangkan 88 persen pendapatan berkat penjualan ponsel premium mulai USD 800.

Ponsel yang dijual seharga USD 600 hingga USD 800 didominasi oleh Samsung dan Apple dengan persentase masing-masing 41 persen dan 44 persen.

Baca juga: Kalah bersaing, Samsung Tutup Pabrik di China?

Counterpoint juga menyajikan catatan penjualan ponsel di rentang harga USD 400 sampai USD 600 yang dipimpin Oppo dan Apple dengan persentase masing-masing 22 persen. [BA/IF]

Sumber : PhoneArena

 

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI