Panen Iklan, Facebook dan Google Kena Tuntut

Telset.id, Jakarta – Facebook dan Google dilaporkan sedang terlibat masalah hukum dengan Rupert Murdoch’s News Corporation. Dua platform raksasa tersebut dituduh merusak persaingan usaha.

Menurut Komisi Persaingan dan Konsumen Australia, Rupert Murdoch’s News Corporation mendaftarkan tuntutan setebal 144 halaman dan didukung oleh 57 perusahaan media, pengiklan, dan organisasi jurnalis.

Dalam dokumen tuntutan, Facebook dan Google didesak mengubah cara operasional sehingga tak merusak industri berita yang bergantung kepada iklan. Selama ini, iklan telah tersedot ke Facebook dan Google.

Dilansir The Guardian, Murdoch dan para eksekutif di News Corporation selaku pemilik The Wall Street mengaku telah mencoba menghubungi Facebook dan Google guna menentukan regulasi terkait operasional bisnis.

Sebelumnya, Murdoch sempat mengusulkan agar Facebook dan Google membayar perusahaan media. Hal itu sebagai bentuk timbal balik terkait keberadaan berita-berita yang berseliweran di laman Facebook serta Google.

Berita Terkait: Murdoch Minta Facebook dan Google Bayar Perusahaan Media

“Kalau menginginkan informasi terpercaya muncul di Feed, Facebook harus membayar sejumlah uang sesuai dana yang dikeluarkan oleh perusahaan media. Jika hal tersebut terpenuhi, saya yakin nilai dan integritas Facebook bakal naik,” tegas Murdoch.

Selama ini, ia menyebut, perusahaan media merasa tidak dihargai meski telah secara sukarela menyerahkan berita-beritanya kepada Facebook. Padahal, imbuhnya, Facebook dan Google adalah dua raksasa yang mengendalikan mayoritas bisnis periklanan online. [BA/HBS]

Sumber : The Guardian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here