Youtuber Penghina Islam Muhammad Kece Ditangkap di Bali

Telset.id, Jakarta – Youtuber Muhammad Kece atau M. Kece diamankan pihak kepolisian Bali. Youtuber kontroversial ini ditangkap dan akan menjalani pemeriksaan terkait kontennya yang melecehkan agama Islam.

Penangkapan Muhammad Kece dikonfirmasi oleh Kabid Humas Polda Bali Kombes Syamsi. Kepada awak media, Kombes Syamsi menyatakan bahwa M. Kece ditangkap pada Selasa malam (24/8/2021), di Desa Dalung, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, Provinsi Bali.

“Tadi malam sudah dilakukan penangkapan terhadap Muhammad Kece yang dipimpin langsung oleh Dittipidsiber Mabes Polri bekerja sama dengan Subdit Siber Polda Bali,” kata Kombes Syamsi kepada awak media pada Rabu (25/8/2021).

{Baca juga: Kominfo dan Polisi Cari Pembuat Konten Mirip Ka’bah di Fortnite}

“Tadi malam jam 19.45 (Wita), ditangkap di Desa Dalung, Kuta Utara. Jadi betul yang bersangkutan sudah ditangkap,” tambahnya.

Informasi penangkapan Muhammad Kece juga diungkapkan oleh Kabareskrim Polri Komjen Pol Agus Andrianto. Dikatakan bahwa Youtuber yang menghina Nabi Muhammad tersebut langsung dibawa ke Bareskrim Polri di Jakarta usai ditangkap.

“Ditangkapnya di Bali dan akan dibawa ke Bareskrim Polri,” tutur Komjen Pol Agus Andrianto.

Pada Rabu sore (25/8/2021), pria bernama asli Anwar Abbas ini tiba di Bareskrim Polri untuk menjalani pemeriksaan. Momen kehadiran Kece sempat terekam kamera dimana Kece melambaikan tangan ke awak media.

Muhammad Kece Ditangkap
Momen saat M. Kece tiba di Bareskrim Polri (Sumber: Beritasatu.com)

Menurut Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono, Kece ditangkap karena dianggap melakukan ujaran kebencian terhadap agama tertentu, lewat konten-kontennya di YouTube.

{Baca juga: Kominfo Duga Ada Celah Keamanan di Sistem Elektronik BRI Life}

Kece diduga melanggar Pasal 28 Ayat 2 Juncto Pasal 45A Ayat 2 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dan atau Pasal 156A KUHP.

“Ancaman pidananya 6 tahun penjara,” jelas Brigjen Pol Rusdi.

Kontroversi Muhammad Kece 

Sosok YouTuber dengan bernama Muhammad Kece atau M. Kace memang sangat kontroversial. Pasalnya pria paruh baya tersebut sering memposting video-video kontroversial  yang isinya menghina agama Islam.

Muhammad Kece Ditangkap

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan, setidaknya ada beberapa pernyataan kontroversialnya mengenai agama Islam. Misalnya dia mengatakan bahwa Nabi Muhammad SAW adalah pengikut jin.

{Baca juga: Lecehkan Agama Islam, Kominfo Blokir 21 Video Muhammad Kece}

Lalu dirinya juga menyebut ajaran Nabi Muhammad SAW menyesatkan dan hanya mitos, dan lain sebagainya. Kementerian Kominfo pun bergerak cepat dengan memblokir 20 video M. Kece di YouTube dan 1 video di TikTok.

Sampai akhirnya M. Kece ditangkap Bareskrim Polri pada Rabu kemarin. (NM/IF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0